Hardiknas : Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan


Hardiknas : Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

Peserta Upacara Hardiknas 
MESUJI I KEJORANEWS. COM : Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019,yang telah melaksanakan Pemilu secara lancar, aman, dan tertib. Hal ini disampaikan Menteri dalam amanatnya  yang dibacakan oleh Ade Erlina  Indah, S.T., Pelaksana tugas  Camat simpang Pematang, Kabupaten Mesuji yang menjadi pembina upacara dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2019, sekaligus peringatan hari Otonomi Daerah Ke – XXIIl. Kamis (2/5/2019).

Berikut amanat yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Ade Erlina  Indah, S.T. : 

" Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 ini kita mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan, " 
PLT. Camat dan Guru


" Kita juga patut bersyukur, bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum serentak tanggal 17 April 2019 yang lalu. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilihan Umum dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya Pemilihan Umum dengan lancar, aman, dan tertib." 

" Selanjutnya, kami atas nama Pemerintah juga mengucapkan simpati dan duka yang mendalam kepada seluruh penyelenggara Pemilihan Umum yang gugur dalam mengemban tugas negara yang mulia, semoga amal dan ibadahnya diterima Allah SWT, amin ya robbalalamin." 

" Perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, di mana daerah masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya." 

" Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan layanan, serta partisipasi aktif masyarakat. Di samping itu, diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan, serta potensi keanekaragaman daerah." 

" Tema Hari Otonomi Daerah tahun ini adalah Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif. Tema peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan, dan kesejahteraan daerah." 

" Melalui Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23 ini, saya mengajak kita untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, serta pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis." 

" Pada hari ini kita juga memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Sebagaimana diketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional. Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, mengambil tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan." 

" Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif memasuki era Revolusi Industri 4.0 ini." 

" Selanjutnya, atas nama Pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan, Ibu dan Bapak pendidik, tenaga kependidikan, pegiat literasi, dan kontributor pendidik lainnya yang telah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas, berkarakter kuat, dan memberikan manfaat bagi sekitarnya." 

" Saya kira demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Akhir kata, atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji, saya mengucapkan Selamat Hari Otonomi Daerah Ke-23 dan Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga Allah SWT  Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan memberkahi bangsa dan negara kita tercinta, amin ya robbal alamin. " kata Menteri yang dibacakan Plt. Camat Simpang Pematang di hadapan pelajar dan sejumlah instansi yang menjadi peserta upacara di alun-alun Simpang Pematang.  

(Japung/Yusri)
Lebih baru Lebih lama