Hadapi Perang Ekonomi Amerika, Iran akan Membuat Pengadilan Khusus tentang Kejahatan Keuangan


Hadapi Perang Ekonomi Amerika, Iran akan Membuat Pengadilan Khusus tentang Kejahatan Keuangan

Leader of the Islamic Revolution Ayatollah Seyyed Ali Khamenei (Photo by khamenei.ir)
IRAN I KEJORANEWS.COM : Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Sayyid Ali Khamenei telah menyetujui permintaan  kepala kehakiman Iran untuk mendirikan pengadilan khusus untuk dengan cepat menangani kejahatan keuangan.

Dalam sebuah surat kepada Ayatollah Khamenei, Kepala Peradilan Ayatollah Sadeq Amoli Larijani menyerukan izin untuk membentuk pengadilan dalam menghadapi kondisi ekonomi khusus saat ini yang ia gambarkan sebagai "perang ekonomi."

Ayatollah khamenei yang menerima proposal pada hari Sabtu (11/8/2018), mengatakan, "Tujuan pengadilan adalah untuk menghukum penjahat keuangan yang korup dengan cepat dan adil."

Ayatollah Khamenei juga mendesak hakim untuk memberi nasihat kepada pengadilan untuk memastikan keakuratan putusan mereka.

Ayatollah Amoli Larijani mengusulkan dalam suratnya bahwa pengadilan baru akan dibentuk selama dua tahun dan diarahkan untuk menjatuhkan hukuman maksimum kepada mereka yang "mengacaukan dan merusak ekonomi Iran,"

"Mengingat kondisi ekonomi khusus saat ini yang kita anggap sebagai semacam perang ekonomi, sayangnya, beberapa dari mereka mengganggu dan merusak ekonomi juga menyediakan tujuan musuh dan melakukan kejahatan yang membutuhkan tindakan segera dan cepat, jika Anda mau, tolong izinkan kepala peradilan bertindak dalam kerangka hukum pidana yang mengganggu sistem ekonomi, " terang Larijani.

Surat itu meminta agar persidangan diadakan di pengadilan terbuka, tetapi penangguhan atau mitigasi dalam hukuman para tahanan dilarang.

Ia juga menuntut agar semua putusan pengadilan nanti, kecuali hukuman mati bersifat final, dengan hukuman mati dikenakan banding di Mahkamah Agung dalam waktu maksimum 10 hari.

Perkembangan ini terjadi setelah devaluasi rial yang kehilangan hampir dua pertiga dari nilainya sejak awal tahun.

Puluhan orang telah ditangkap karena mengganggu pasar forex dan koin emas. Menurut kepala polisi Tehran Jenderal Hossein Rahimi, seorang pria dan antek-anteknya telah ditangkap karena mengumpulkan dua ton koin emas selama beberapa bulan untuk memanipulasi pasar.

Ujarnya lagi, para pejabat telah menghubungkan volatilitas pasar mata uang dengan musuh. Mereka keluar untuk menghancurkan aset negara dan menanamkan kekecewaan di kalangan masyarakat.

Penurunan tajam dalam nilai rial mendorong kebingungan pendaftaran perusahaan-perusahaan baru yang dilaporkan telah menerima dolar pemerintah dengan harga konsesi untuk impor tetapi telah menjualnya dengan tingkat inflasi di pasar gelap.

Situasi muncul setelah Presiden AS Donald Trump meninggalkan kesepakatan nuklir dengan Iran pada bulan Mei dan mengumumkan sanksi paling ketat terhadap Republik Islam.

Sanksi itu menargetkan pembelian Iran atas dolar AS, perdagangan emas dan logam mulia lainnya serta sektor otomotif dan penerbangannya.

Para pejabat Iran mengatakan langkah-langkah AS sama saja dengan "perang ekonomi" tetapi Presiden Hassan Rouhani menekankan bulan lalu bahwa ancaman terhadap Iran akan memiliki efek sebaliknya.

“Ancaman akan semakin mempersatukan kami; kita pasti akan mengalahkan Amerika, ”katanya. "Itu akan membawa beberapa biaya untuk kami, tetapi manfaatnya akan lebih besar."

Sumber : presstv.com
Lebih baru Lebih lama