Presiden : Polri telah Menunjukkan Dedikasi, Loyalitas, dan Integritas yang Tinggi dalam Pembangunan Nasional


Presiden : Polri telah Menunjukkan Dedikasi, Loyalitas, dan Integritas yang Tinggi dalam Pembangunan Nasional

Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH
BATAM I KEJORANEWS.COM : Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si. bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Hut Bhayangkara Ke – 71 yang digelar di Lapangan Engku Putri Batam Centre pada hari Senin tanggal 10 Juli 2017 sekira pukul 8.00 Wib.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH, para Kepala pemerintahan Provinsi Kepri dan Pemerintahan Kota Batam, Para tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Kepala instansi pemerintah, TNI dan Polri serta para pejabat utama, dan organisasi masyarakat serta seluruh Personil Polda Kepri dan jajaran dan peserta Upacara.

Dalam Amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang dibacakan oleh Gubernur Provinsi Kepri,  dalam usia ke-71, Polri telah menunjukkan Dedikasi, Loyalitas, dan Integritas yang tinggi untuk mendukung terwujudnya pembangunan Nasional dan Pemerataan Ekonomi yang berkeadilan. Polri mampu mewujudkan situasi Kamtibmas yang stabil dan kondusif. Polri sukses melakukan pencegahan konflik, penjagaan demonstrasi, penanganan terorisme, pemberantasan narkoba, menekan angka kejahatan konvensional seperti premanisme dan kejahatan jalanan, serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Gubernur Provinsi Kepri diatas Jeep periksa barisan

" Selain itu, Polri juga berhasil mengamankan agenda politik 101 Pilkada serentak tahun 2017, sehingga kegembiraan politik bisa terwujud di daerah-daerah yang melaksanakan Pilkada tersebut. Kesuksesan Polri tersebut tidak terlepas dari bantuan, dukungan, serta kerja sama dengan seluruh komponen negara dan elemen masyarakat. Karena itu, saya juga ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait, yang telah mendukung pelaksanaan tugas polri. Ke depan, dukungan semua elemen bangsa tersebut semakin diperlukan karena tantangan yang dihadapi Polri akan semakin berat. "

"Selain terorisme, perdagangan Narkoba, perdagangan manusia, penyelundupan senjata, dan kejahatan siber juga merusak dan mengancam masa depan bangsa Indonesia. Karena itu mereka harus dikejar dan dihancurkan. Selain itu, potensi konflik horizontal maupun vertikal, dengan isu-isu primordial seperti masalah suku, agama, dan ras keturunan juga akan meningkat. Sehingga Polri perlu melakukan langkah antisipasi dini agar situasi kamtibmas stabil dan energi bangsa tidak habis untuk hal-hal yang tidak produktif seperti ujaran kebencian, fitnah, dan provokasi. Polri juga perlu mempersiapkan diri untuk mengamankan pilkada serentak tahun 2018 dan pemilu legislatif serta pilpres tahun 2019 agar potensi kerawanan yang ada, tidak berkembang menjadi konflik sosial yang meluas. Di tengah semua perkembangan itu, di tengah serangan terhadap polri yang terjadi belakangan ini, polri harus terus menjaga nilai-nilai ke-bhinneka-an yang sudah menjadi kodrat bangsa indonesia. Polri harus terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Untuk itu, polri harus menjaga soliditas internal dan bertindak professional. "

" Instruksi Presiden  kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui upaya-upaya sebagai berikut :
-    Pertama : perbaiki manajemen internal polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan.
-    Kedua   : mantapkan soliditas internal dan profesionalisme polri guna mendukung terwujudnya indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.
-    Ketiga     : optimalkan modernisasi polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.
-    Keempat : tingkatkan kesiapsiagaan operasional, melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif. Dengan demikian polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.
-    Kelima   : tingkatkan kerja sama, koordinasi, dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat serta kolega internasional sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Selesai melaksanakan Upacara Kapolda Kepri memberikan Penghargaan Kepada instansi pemerintah, lembaga negara, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda, yang berperan aktif dalam mendukung terselenggaranya situasi Kamtibmas yang kondusif dan personel Kepri yang berprestasi.

Penghargaan pertama diberikan kepada Gubernur Kepri, ketua DPRD Kepri, Danrem 033/WP, Kabinda Provinsi Kepr, Danlantamal IV, Kajati, Danlanud Kepri, IGN, dan Ketua Ombudsman Kepri. Penghargaan diberikan kepada lembaga negara yang mendukung sinergitas polisional dibidang ketahanan ekonomi, pendidikan, dan kemaritiman dalam menciptakan, memelihara keamanan, dan ketertiban masyarakat. Penghargaan berikutnya diberikan kepada Kepala Bank Indonesia Kepri, Kanwil Khusus DBJC Kepri, Kepala Pangkalan PSDKP, dan Rektor Universitas Batam, Walikota Batam, Bupati Karimun, Bupati Kepulauan Anambas, dan Kepala BPN Batam Asnaedi, karena mendukung peningkatan kapasitas kesatuan Polda Kepri melalui pembangunan fasilitas Polri, memajukan Kepolisian dalam rangka menciptakan dan memelihara Kamtibmas serta penegakan hukum. Sekaligus penyerahan secara simbolik sertifikat tanah Mapolda Kepri seluas 358.046 m2 dari kepala BPN ke Kapolda Kepri.

Selanjutnya Penghargaan diberikan kepada Ketua MUI Kepri, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Ketua PW NU Kepri, Ketua Persatuan Gereja Katholik Kepri, Ketua Persatuan Gereja Protestan Kepri, Ketua Agama Hindu Kepri, Ketua Walubi, Ketua Lembaga Adat Melayu, Ketua Senkom Kepri, Ketua PW GP Ansor Kepri, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Kepri, Aliansi Jurnalis Indonesia Kepri, Persatuan Wartawan Indonesia Kepri, Pewarta Foto Indonesia Kepri, Ketua KONI Kepri, dan Kepala BUJP PT Putra Tidar Perkasa Batam. Sekaligus pengukuhan nama Drumband Chanka Putra Perkasa dari satuan pengamanan sebagai mitra Polda Kepri. Serta 212 Anggota Polri Polda Kepri yang berprestasi.

Rangkaian Kegiatan Upacara HUT Bhayangkara ke - 71 di akhiri dengan Defile Pasukan Polda Kepri dan jajaran serta Defile Kendaraan Operasional Polda Kepri dan Jajaran. Selanjutnya acara Syukuran HUT Bhayangkara akan dilaksanakan pada hari Senin  malamanggal 10 Juli 2017 pukul 19.00 wib di Lapangan Engku Putri Batam Centre.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs. S. Erlangga, diruang kerjanya Senin tanggal 10 Juli 2017 sekira pukul 11.30 Wib.

Humas Polda Kepri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama