Usai Tarawih, Penyuluh Kemenag Brebes Berikan Kultum kepada WBP


Usai Tarawih, Penyuluh Kemenag Brebes Berikan Kultum kepada WBP


BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes terus berupaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga binaan dengan memberikan Kuliah Tujuh Menit atau yang biasa disebut Kultum selepas Sholat Tarawih Berjamaah. Bertindak sebagai Imam Sholat Tarawih yaitu Ustad Sobirin selaku penyuluh dari Kemenag Kab. Brebes yang juga menjadi pengisi Kultum di Masjid At-taubah Lapas Brebes, Kamis (30/3/2023).


Kultum diberikan di sela antara sholat tarawih dan sholat witir bulan Ramadhan. Dengan materi kultum yaitu 4 Golongan Manusia Kebahagiaan di dunia dan Akhirat. Disampaikan oleh Imam yaitu Golongan Pertama yaitu Bahagia di dunia dan bahagia di akhirat, inilah yang diimpikan oleh semua orang, yaitu orang yang hidup serba berkecukupan, mendapat harta secara halal, tidak satupun ada celah kekurangan baginya, sedangkan dalam urusan akhirat, dia mampu menjaga Shalat 5 waktu, tidak dibenci dan selalu menjaga silaturahmi, tidak lupa berzakat dan bersedekah. Kedua, tidak bahagia di dunia dan bahagia di akhirat. Allah SWT telah mentakdirkan di antara hamba-hamba-Nya yang hidup tidak bahagia di dunia. Mereka mendapatkan ujian yang dahsyat berupa kekurangan harta dan makanan, ditinggalkan oleh istri dan anak-anak, dimusuhi oleh banyak kalangan di muka bumi, dan kesusahan-kesusahan lainnya, semuanya dihadapi dengan syukur dan bersabar.


Selanjutnya yaitu golongan Ketiga yaitu Orang yang bahagia di dunia dan tidak bahagia di akhirat. Kehidupan dunia yang sementara ini sebagai sarana yang dimanfaatkan untuk menggapai kemuliaan dunia saja dengan menurutkan nafsu belaka, harta berlimpah ruah, jabatan mereka yang tinggi, pasangan yang rupawan, dan gelar-gelar bahagia dunia lainnya yang banyak mereka raih, namun mereka melupakan kehidupan ukhrawi yang lebih penting. Dan yang terakhir yaitu golongan keempat yaitu tidak bahagia di dunia dan tidak bahagia di akhirat, inilah orang yang sangat celaka dan merugi, hidup di dunia tiap hari penuh penderitaan dan kesengsaraan, sedangkan kewajibannya kepada Allah SWT dilupakannya.


"Itulah 4 golongan manusia menurut kebahagian di dunia dan akhirat. Semua kembali pada diri masing-masing ingin menjadi manusia golongan yang mana. Tentunya yang terbaik ialah golongan yang mendapat Ridho dari Allah SWT." Pungkas Ustad Sobirin.


Dengan adanya kultum yang disampaikan diharapkan warga binaan dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT dapat meningkat.


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama