Tak Usah Khawatir, Pelayanan JKN Tanpa Diskriminasi


Tak Usah Khawatir, Pelayanan JKN Tanpa Diskriminasi

Tak Usah Khawatir, Pelayanan JKN Tanpa Diskriminasi
Peserta JKN Batam, Rani Widi

BATAM I KEJORANEWS.COM : Salah satu tujuan dari program Jaminan Kesehatan Nasional adalah untuk memberikan perlindungan. Baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain untuk mendapatkan kepastian jaminan kesehatan.

Dalam mengakses pelayanan kesehatan, setiap peserta JKN harus memahami informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi kendala ketika berada di fasilitas kesehatan baik di tingkat pertama maupun lanjutan.

Salah satu peserta JKN yang berdomisili di Sekupang, Rani Widi menceritakan pengalamannya ketika memperoleh layanan kesehatan.

"Dari pengalaman saya pribadi, saya bersyukur ada BPJS Kesehatan yang menyelenggarakan program JKN, walaupun suami saya pekerja asing namun tidak ada diskriminasi sama sekali,” kata Rani dalam kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) BPJS Kesehatan Cabang Batam beberapa waktu yang lalu.

Lanjutnya, ketika merawat suaminya yang merupakan WNA yang bekerja di salah satu perusahaan di Kota Batam.

"Saya masih ingat ketika harus keluar masuk rumah sakit. Dana juga tidak ada karena sudah sakit lama. Tapi berkat program ini suami saya bisa cuci darah, rontgen, dirawat di ICU selama 9 hari, rawat inap di RS selama berbulan-bulan sampai biaya tagihan dari RS panjang sekali semuanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan," katanya.

Menurutnya, memperoleh layanan dalam program JKN mudah sekali asalkan sesuai prosedur. Perlu diingat pula dalam program JKN, pelayanan kesehatan dilakukan secara berjenjang, sehingga peserta harus mengakses layanan kesehatan ke FKTP terlebih dahulu kecuali dalam keadaan emergency.

"Penting untuk diketahui oleh peserta untuk tidak langsung datang ke RS karena kita punya Puskesmas yang buka 24 jam. Pastikan juga seluruh administrasi lengkap, seperti surat rujukan yang kita dapatkan dari klinik," katanya lagi.

Ia juga mengatakan bahwa ketika klinik tempat peserta terdaftar tidak dapat melayani karena tutup. Peserta dapat mengunjungi Puskesmas. Puskesmas akan memberikan pelayanan, memberikan pelayanan ambulance, dan berkoordinasi dengan pihak RS.

"Tidak semua tentang BPJS Kesehatan itu negatif seperti yang kita dengar," tutup peserta JKN di Batam.



Kantor BPJS Kesehatan Batam
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama