Sri Wahyuni : Stok Beras Bulog Natuna Mencukupi


Sri Wahyuni : Stok Beras Bulog Natuna Mencukupi

Kepala Bulog Ranai, Sri Wahyuni -
NATUNA | KEJORANEWS.COM  : Setelah sempat dikabarkan mengalami kekosongan stok beras digudang Bulog Ranai, pada awal bulan Oktober lalu, saat ini gudang penyimpanan beras Bulog Ranai dan Sedanau, telah terisi beras sebanyak 385 ton, dimana 200 ton disimpan digudang Bulog di Sedanau, dan 185 ton digudang Bulog di Ranai. Stok beras tersebut dibawa kapal yang telah tiba di pelabuhan Tanjung Payung Penagi pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 lalu.


Kepala Bulog Ranai, Sri Wahyuni di Ranai mengatakan, keterlambatan bongkar muatan kapal dikarenakan kondisi cuaca yang beberapa hari belakangan ini kurang bersahabat, serta posisi sandar kapal yang berada dibelakang kapal lainnya, sehingga pihak pelabuhan harus mendahulukan bongkar muatan kapal yang bersandar dibibir dermaga.


"Beras Bulog itu masuk sudah di hari Sabtu (pekan lalu) cuma kita baru bisa bongkar karena pertama faktor cuaca, kedua sandaran kapal yang beras Bulog itu berada dibelakang, jadi kita harus menunggu selesainya bongkar muat kapal yang sandar dipinggir dermaga dulu, setelah itu baru bisa bongkar muatan Beras Bulog," jelas Sri Wahyuni, Sabtu (22/10/2022).


Selain jumlah beras yang telah masuk tersebut, tambah Sri Wahyuni, dalam waktu dekat juga akan masuk beras khusus untuk gudang Bulog Ranai, sebanyak 265 ton. Kuota tersebut memang diprioritaskan untuk disimpan digudang Bulog Ranai, guna memenuhi kebutuhan stok beras masyarakat di pulau Bunguran Besar, hingga akhir tahun 2022.


" Namun demikian dari 185  itu bakal masuk lagi   265 ton beras Bulog. Khusus untuk gudang di Ranai. Karena bertahap, akhir tahun ini kita  rencana mau mengumpulkan, untuk mengantisipasi kekosongan beras, agar tidak seperti kemarin, kita sudah ajukan penambahan 500 ton juga untuk awal tahun 2023, diharapkan datang pada akhir tahun 2022 ini, guna mengantisipasi cuaca buruk, dimana kapal tidak dapat berlayar,' tambah wanita yang akrab dipanggil Ayu ini.


Jadi total beras yang akan masuk lagi di gudang Bulog Ranai sebesar 765 ton. Meskipun belum dipastikan kedatangan beras Bulog tersebut, namun dipastikan akan dapat menjawab kekhawatiran masyarakat akan kehabisan stok beras Bulog. Beras  bulog yang ada saat ini merupakan beras medium kualitas Vietnam. Hingga saat ini beras bulog masih menjadi makanan pokok sebagian masyarakat Natuna yang menyukai nasi jenis pera atau tidak pulen.

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama