Bupati Simon Nahak akan Berdayakan Masyarakat Malaka di Sektor Perikanan


Bupati Simon Nahak akan Berdayakan Masyarakat Malaka di Sektor Perikanan

Bupati Simon Nahak dan jajaran bersama  Prof. Ir. Rokhmin Dahuri, MS -

BELITUNG I KEJORANEWS. COM :Saya merasa akan sangat bersukaria jika memang benar diundang ke Malaka untuk memberikan masukan dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malaka, dalam mengembangkan dan mengeksplore potensi kelautan dan perikanan.

"Dengan senang hati, saya akan memenuhi undangan Pak Bupati Malaka dan akan memberikan pikiran-pikiran konstruktif membangun Malaka khususnya di bidang kelautan dan perikanan," ujar Prof. Ir. Rokhmin Dahuri, MS mengungkapkan hal itu saat bertemu empat mata dengan Bupati Malaka di Lobi BW Suite Belitung, Jumat (8/10/2021) di sela-sela kegiatan Munas II Aspeksindo yang berlangsung di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Lebih lanjut mantan Menteri Kabinet Gotong Royong era Presiden Megawati Soekarnoputri menambahkan, hal lain yang lebih urgent adalah bersama dengan pemerintah kabupaten bersinergi dengan berbagai pikiran dan tindakan agar masyarakat lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Ditanya buah pikiran bernas apa yang akan dikolaborasi dengan pemerintah kabupaten, doktor lulusan Universitas Kanada tahun 1991 mengemukakan, bicara tentang potensi kelautan dan perikanan sangat kompleks.

"Sekarang tergantung dari good will pemerintah dan elemen masyarakat lainnya untuk memberdayakan potensi lokal yang besar tersebut dan underutilities secara baik dari segmen kelautan dan kemaritiman," ujar alumni IPB Bogor ini.

Bahkan dirinya mmenyebut akan memberikan support lebih dan selalu mendampingi Bupati Malaka, sehingga potensi lokal yang ada ditransformasi melalui proses pembangunan dan bisnis kelautan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ditanya, kolaborasi seperti apa yang menjadi fokus dalam urusan kelautan dan perikanan, lelaki asal Cirebon ini menguraikan ada 5 sektor yang mesti dikedepankan yakni pertama, soal perikanan budi daya, perikanan tangkap, industri hasil pengolahan ikan, industri pariwisata bahari dan biotekhnologi kelautan.

"Fokus saja pada 5 sektor ini, yakin bahwa potensi kelautan dan perikanan akan lebih maju dan dapat meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Pada kesempatan pertemuan empat mata itu, Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, SH, MH memberikan sedikit gambaran tentang Malaka, potensi dan tantangan ke depannya.

Bupati Malaka yang selalu menggunakan analisa SWOT ini mengatakan posisi Malaka sangat strategis karena di darat berbatasan langsung dengan Timor Leste dan di laut berbatasan dengan Australia.

"Dengan keadaan laut yang sangat luas, masyarakat Malaka harus diberdayakan dan salah satunya sektor perikanan sehingga kita butuh pikiran dan pendapat dari para pakar termasuk Prof Rokhmin," katanya.

Bupati yang mottonya lebih banyak eksekusi dari pada diskusi ini mengutarakan, hal lain yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah belum adanya sarana pelabuhan laut sehingga bisnis laut menjadi lemah.

"Hal lain adalah belum adanya bandar udara sehingga akses transportasi udara terhambat dan belum berjalan dengan baik. Kita akan pacu 2 sarana ini di waktu mendatang," kata Bupati Malaka.

Pertemuan empat mata Prof Rohkmin Dahuri dan Doktor Simon Nahak menghasilkan beberapa kesepakatan yang nantinya akan dibahas lebih lanjut.

 

(jems/Kominfo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama