Dinkes Malaka Gelar Sosialisasi Penanganan Ibu Hamil di Masa Pandemi Covid-19


Dinkes Malaka Gelar Sosialisasi Penanganan Ibu Hamil di Masa Pandemi Covid-19

Sosialisasi -
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Dinas kesehatan kabupaten Malaka lakukan sosialisasi penanganan kasus ibu hamil di masa pandemi Covid-19.

Pada kegiatan sosialisasi di aula hotel Cinta Damai, Betun, Rabu ( 8/9/21) ini, pihak dinas menggunakan buku panduan baru tahun 2021 tentang kehamilan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Dokter Spesialis Kandungan RSUPP Betun, Dokter Puskesmas, 20 kepala Puskesmas, Bidan Kordinator Puskesmas setempat dan satu perwakilan bidan desa dalam wilayah kerja setiap Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka drg. Paskalia Frida Fahik melalui Kepala Bidang Kesehatan Kabupaten Malaka Ferry Fahik kepada media ini mengutarakan, kegiatan tersebut sangat penting dilakukan sehubungan dengan adanya  informasi terbaru mengenai penanganan ibu hamil di masa pandemi Covid-19, yang perlu disampaikan kepada para kepala Puskesmas, dokter Puskesmas dan para bidan kordinator.

" Kalau dulu di Dinas Kesehatan hanya mengenal kunjungan kepada ibu hamil selama masa persalinan itu hanya 4 kali, namun dengan adanya panduan terbaru ini sudah menjadi 6 kali kunjungan. Sehingga dalam 3 bulan pertama jika ibu hamil berkunjung itu seharusnya sudah diperiksa oleh dokter minimal 2 kali. Karena yang sebelumnya panduan lama trimeter yang ke 4, jadi pas umur kehamilan 7-8 bulan baru bisa diperiksa oleh dokter, namun sekarang sudah berubah dengan mengikuti panduan terbaru, " jelas Ferry.

Lanjutnya, usai melakukan pertemuan bersama para dokter dan kepala Puskesmas Betun, pihaknya juga melakukan pertemuan dengan para bidan untuk mengetahui bagaimana cara melakukan pengisian format terbaru di tahun 2021.

Katanya lagi, usai kegiatan diharapkan kepada para kepala Puskesmas wajib melakukan pertemuan dengan bagian teknis terkait, guna menyusun strategi melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil sejak bulan pertama, kedua dan ke tiga.

(Jolly)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama