Ekonomi Kepri di Triwulan II-2021, Mengalami Pertumbuhan


Ekonomi Kepri di Triwulan II-2021, Mengalami Pertumbuhan

Ekonomi Kepri di Triwulan II-2021, Mengalami Pertumbuhan
Logo BPS

KEPRI I KEJORANEWS.COM : Badan Pusat Statistik BPS Provinsi Kepulauan Riau (BPS Kepri) mencatat bahwa pada Triwulan II tahun 2021 , perkembangan ekonomi Kepulauan Riau mengalami pertumbuhan sebesar 6,90 persen.

"Perekonomian Kepri Triwulan II - 2021 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) mencapai Rp 67,76 Triliun, dan atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp 44,57 Triliun," terang Kepala BPS Kepri, Agus Sudibyo, di Tanjung Pinang - Kepri, (5/8).

Ia melanjutkan, dari sisi lapangan usaha pertumbuhan Triwulan II didorong oleh kategori Industri Pengolahan yang memberikan andil pertumbuhan sebesar 3,16 persen. Dari sisi pengeluaran, komponen yang memberikan andil pertumbuhan terbesar adalah PMTB sebesar 2,79 persen dan Net Ekspor dengan andil sebesar 2,10 persen.

"Sementara itu, jika dibandingkan ekonomi Kepri pada Triwulan I tahun 2021 perekonomian Kepri Triwulan II tumbuh sebesar 0,01 persen," jelasnya.

Lanjutnya, dari sisi produksi, kategori yang memberikan andil pertumbuhan terbesar adalah kategori Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 0,71 persen, diikuti kategori Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dengan andil pertumbuhan sebesar 0,63 persen.

"Sementara itu, dari sisi pengeluaran komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah memberikan andil terbesar yaitu 2,18 persen, diikuti Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga dengan andil sebesar 0,43 persen," jelasnya.

"Sampai dengan triwulan II-2021,  secara kumulatif (c-to-c) pertumbuhan ekonomi Kepri tumbuh sebesar 2,69 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Dalam lingkup regional, PDRB Kepri Triwulan II-2021 memberikan kontribusi sebesar 7,45 persen terhadap PDRB Pulau Sumatera," tutup Kepala BPS Kepri.


Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama