Mencegah dan Menanggulangi Karhutla, Harus Ada Solusi Permanen


Mencegah dan Menanggulangi Karhutla, Harus Ada Solusi Permanen

Mencegah dan Menanggulangi Karhutla, Harus Ada Solusi Permanen
Usai Apel Pj Gubernur Kepri, Wawako Batam, Kapolda Kepri, bersama TNI
KEPRI I KEJORANEWS.COM :Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, dimana pihak berwajib diminta melakukan langkah penegakkan hukum, Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Hukum Polda Kepulauan Riau (Kepri). 
 
Untuk itu, Pejabat, Pj Gubernur Kepri, H Suhajar Diantoro mengajak semua pihak untuk memprioritaskan upaya pencegahan sebelum terjadi kebakaran hutan dan lahan.
 
"Harus ada solusi permanen untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla," katanya saat memimpin apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Hukum Polda Kepulauan Riau, di Lapangan Upacara Mapolda Kepri, Nongsa - Batam (24/2).
 
Pada apel dihadiri Kapolda Kepri, Wakapolda Kepri, Pangkogabwilhan I yang diwakili Asisten Aps Kagobwilhan, Danlanud RHF, dan Wakil Walikota Batam.
 
Ia menambahkan bahwa peningkatan penanganan Karhutla jangan sampai terlambat sebagaimana arahan Presiden. Infrastruktur monitoring pengawasan pun harus sampai ke bawah. Termasuk pada tertentu untuk melakukan penataan ekosistem gambut.
 
"Kita harus bersama dan bekerjasama melayani masyarakat secara nyata dengan menunjukan kesiapsiagaan dan keseriusan dalam menangani karhutla," katanya.
 
Karena Karhutla, lanjutnya dapat menyebabkan kerugian materi dan non materi yang cukup besar. Selain kerusakan ekosistem, juga menganggu kegiatan perekonomian.
 
"Jika terus berlanjut dampaknya akan dirasakan provinsi lain, hingga negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura," tutup Pj Gubernur Kepri.



Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama