Sigap, Tanggap Babinsa Koramil 07/Ngemplak Antisipasi Tanah Longsor


Sigap, Tanggap Babinsa Koramil 07/Ngemplak Antisipasi Tanah Longsor

Serda Paridi bersama Warga
SLEMAN I KEJORANEWS.COM: Antisipasi terjadinya tanah longsor di wilayah binaan, Serda Paridi anggota Babinsa Koramil 07/Ngemplak Kodim 0732/Sleman bersama warga melaksanakan Kerja bakti pembuatan dan pemasangan Bronjong Batu di padukuhan Medelan Umbulmartani Ngemplak, Minggu(10/1/2021) pagi. 


Bronjong atau pondasi penahan tanah adalah dinding yang terbuat dari tumpukan batu kali yang disusun sedemikian rupa untuk penahan tanah atau bangunan.Fungsinya adalah untuk menjaga struktur tanah agar tidak bergeser dan tetap stabil. Sebagai langkah antisipasi terjadinya longsor.


“Kami bersama warga melakukan kerja bakti pemasangan Bronjong batu. Tujuanya untuk menahan tanah agar tidak bergeser atau longsor, apalagi saat ini curah hujan sangat tinggi dan dapat menyebabkan bencana tanah longsor. Sebelumya telah dilakukan rapat desa bersama seluruh warga terkait pembangunan talud ini," terang Serda Paridi. 



"Selain itu, pemasangan secara gotong royong ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendorong masyarakat agar saling peduli terhadap pembangunan di desanya, karena manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh warga terutama dalam segi keamanan dan kenyamanan," ujarnya.



"Lebih baik kita mencegah sebelum terjadi tanah longsor yang dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian materiil yang lebih besar, semoga setelah adanya pemasangan Bronjong ini dapat mengurangi resiko tanah longsor," pungkas Babinsa.

(Humas Kodim Sleman) 

Lebih baru Lebih lama