Dr. Aqua Dwipayana Beri Motivasi Prajurit PNS dan Persit Kodim 0732/Sleman


Dr. Aqua Dwipayana Beri Motivasi Prajurit PNS dan Persit Kodim 0732/Sleman

Letkol Inf Arief Wicaksana dan Dr. Aqua Dwipayana 
SLEMAN I KEJORANEWS.COM: Pakar komunikasi dan motivasi nasional, Dr Aqua Dwipayana, memberikan materi kegiatan shering komunikasi dan motivasi kepada jajaran prajurit, PNS, dan Persit Kodim 0732/Sleman di Aula Kodim 0732/Sleman, Rabu(20/01/2021).


Acara di pimpin langsung oleh Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana, S. H.,M., Han Shering komunikasi dan motivasi Dr Aqua Dwipayana di laksanakan di 10 Kodim dan 1 Batalyon di jajaran Korem 072 Pamungkas.


Dr Aqua Dwipayana menyampaikan TNI sebagai penjaga NKRI memiliki senjata utama bernama komunikasi. Terlebih Angkatan Darat yang selalu kerap besentuhan langsung dengan masyarakat dalam menjaga Batas-batas terirorial. Kecakapan prajurit dalam berkomunikasi tidak hanya menjadi keuntungan TNI, tetapi bangsa dan negara.


"Senjata utama prajurit TNI adalah komunikasi, khususnya Babinsa. Semua prajurit tidak boleh patah semangat, fahami pentingnya komunikasi dan harus yakin, tidak ada masalah di muka bumi ini tidak bisa diselesaikan dengan komunikasi," tegasnya.


Dijelaskan, ada enam kunci dasar dalam komunikasi. Yakni Audible (Dapat didengar atau mudah dipahami dengan jelas), Emphaty (selalu atau bisa merasa apa yang dirasakan orang lain), Respect (Menghormati orang lain), Clarity (Gunakan kalimat sederhana secara terbuka), Humble (Rendah hati dan tidak sombong), Action dan Consistency (Melaksanakan aksi nyata dan konsisten).


"Komunikasi atau silaturahim juga dianjurkan agama, kendati harus lebih ditekankan silaturahmi syaratnya dijalin tanpa pamrih," ujarnya.


Disingung komunikasi disaat pandemi, lelaki kelahiran 23 Januari 1970 itu mengungkapkan, pandemi Covid-19 saat ini justru menjadi media pembuktian betapa pentingnya komunikasi. Sebab dalam memberikan instruksi atau petunjuk paling mudah tetap dengan contoh atau keteladanan.


“Prajurit jangan pernah patah semangat, jangan pernah putus asa, sebab kehadiran TNI di tengah masyarakat adalah pekerjaan mulia,” harapnya.


Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana, S. H.,M., Han mengaku beruntung mendapat ksemepatan mendengar motivasi dari sosok Dr Aqua Dwipayana yang sudah dikenal luas di kalangan TNI sebagai sosok motivator handal kaya pengalaman. Dandim merasa terhormat mendapat transferan ilmu yang sangat berguna, terlebih tidak hanya teori yang disampaikan tetapi perjalan  yang riil hadir sebagai kekuatan komunikasi.


"Ini kehormatan bagi saya, saya sudah menduga beliau datang dengan banyak kejutan, membuktikan langsung berbuat baik dan membuka jaring komunikasi yang luas akan membuka jalan rejeki yang luas juga. Apa yang disampaikan akan menguatkan saya dalam menjalankan tugas di Sleman, satu yang saya garis bawahi, kita harus perkuat komunikasi dengan masyarakat, dan prajurit harus kuat berkomunikasi," pungkasnya.



(Pendim 0732/Sleman)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama