Diduga Masih Banyak Pengunjung Alun-alun Simpang Pematang Tidak Patuhi Protokol Kesehatan


Diduga Masih Banyak Pengunjung Alun-alun Simpang Pematang Tidak Patuhi Protokol Kesehatan

Pedagang dan pengunjung yang tak memakai masker
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Kesadaran masyarakat Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji Lampung mematuhi protokoler kesehatan menuju new normal atau tatanan kehidupan baru masih rendah. Buktinya, masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Dari pantauan krew media ini, nampak jelas hampir setiap malam pengunjung Alun-alun Simpang Pematang masih terliat tidak menggunakan masker dan para pedagangnya pun sama serupa tidak mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu Wartawan Mesuji media Cyber88 Edi Ismanto mengatakan, "ya, padahal Alun-alun tersebut terletak di depan Rumah Dinas Bupati(Rumdis) namun masyarakat sekitar kurang kesadaran terkait hal itu. Sudah berulang kali pihak anggota Polri, anggota TNI bahkan Pemkab Mesuji tak henti-hentinya lakukan oprasi giat kedesiplinan patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menghimbau bagi masyarakat Mesuji-Lampung untuk memakai masker bahkan sempat membagikan masker dengan geratis namun pengunjung atau pedagang di Alun-alun tersebut diduga tidak menghindahkan himbauan tersebut, ujar Edi, Jum'at(4/12/2020).

Pengunjung Alun-alun Simp.Pematang
Padahal jelas Peraturan Bupati (Perbup) Paser Nomor 78 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona. Namun apakah masyarakat Mesuji belum mengetahui peraturan tersebut ataukah pihak Pemkab Mesuji serta instansi terkait tidak mengadakan operasi atau memberi himbauan bagi pengunjung serta pedagang di Alun-alun Simpang Pematang tersebut?, lanjut Edi.


Dirinya menghimbau pedagang serta pengunjung Alun-alun agar mau saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah disosialisasi khususnya ya, para pedagang yang mengatakan pada pengunjung.

"Penambahan kasus hari per hari menggambarkan bahwa kepatuhan terhadap prokol kesehatan masih belum optimal dilaksanakan oleh masyarakat. Sudah saatnya kita saling mengingatkan dengan cara yang baik untuk mematuhi protokol kesehatan," tutur Edi.

Mat Amin salah satu warga Desa Simpang Mesuji salah satu rekan Edi Ismanto menjelaskan, Indonesia sudah cukup lama mengahadapi wabah Covid-19, ujar Amin ketika mengunjungi Alun-alun Simpang Pematang.

Meski demikian, protokol kesehatan tetap harus dilakukan untuk mencegah serta memutus rantai penularan penyakit tersebut.

Salah satu protokol yang sering dilupakan masyarakat atau pengunjung serta para pedagang Alun-alun ini, adalah menjaga jarak fisik saat menikmati suasana disini, kata Amin

"Memakai masker serta Jaga jarak fisik dengan orang lain adalah kunci untuk mencegah penularan covid-19, ujar Amin.

Semoga saja pihak Pemkab Mesuji serta instansi terkait melakukan ops giat yustisi di Alun-alun ini pada malam hari, agar pedagang serta pengunjung patuhi protokol kesehatan, harap Mat Amin.

(yusri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama