{[["☆","★"]]}

IBu Bupati Pasuruan Bersama Tim Bazar UMKM
JATIM I KEJORANEWS.COM: Karang Hitam merupakan pantai destinasi unggulan Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Elok pantai nan landai gugusan karang gelap dan pantai berpasir halus merupakan magnet tersendiri wisatawan.

Rupanya, itu pula yang menjadi pertimbangan rombongan gowes Bu Bupati Pasuruan Lulis Irsyad datang. Menjadikan Karang Hitam sebagai tujuan rehat sejenak dari Olah raga bersepeda. Dari komunitas Gapura 1, penggowes yang rerata bekerja  di Rumah Dinas Bupati Pasuruan. 

Jum'at 6 November 2020 Bu Bupati bersama barisan camat dan bu camat Kabupaten Pasuran datang gowes ke Karang Hitam. Agendanya mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 08.00.

Rehat sejenak menikmati keindahan pantai, Bu Lulis berkesempatan pula menengok stan  bazar para pelaku UKM yang berjajar. Produk Galeri UKM Karang Hitam, juga dari Desa-desa di kecamatan lekok dan sekitarnya, Rejoso, Grati dan Lumbang terlihat memenuhi stan. Aneka barang, mulai dari kuliner hingga cendera mata.

Laris manis diserbu rombongan first lady Kabupaten Pasuruan. Hal yang menggembirakan para pelaku UKM, bukan saja karena dagangannya habis, namun juga karena mendapat moment yang tepat untuk mempromosikan produk Masing-masing UKM. 

Terkait akan adanya gowes Bu Bupati, ketua ukm lekok bernama Hifdi, yang merupakan pemuda asli Lekok beserta anggota pengurus FP UKM  ingin menunjukkan bahwa masyarakat lekok mempunyai jiwa usaha yg tinggi. Momen gowes  digunakan sebagai kesempatan untuk memperkenalkan UKM asli Lekok. Karena selama ini produk asli lekok selalu dipakai branding di daerah lain. 

Pendamping UMKM  memotivasi dan mendukung kegiatan bazar tersebut. Persiapan dilakukan selama seminggu oleh pengurus FPUKM Lekok. Dari susunan acara, tempat, sampai kepengurusan.

Tenda dari satrya emas serta memohon dukungan dari pembina satrya emas bapak Misbakhul Munir beserta koordinator Satrya Emas bu muzdalifah. 

Tidak hanya bazar bahkan diagendakan di daerah pit stop untuk bisa melihat langsung pembuatan susu dan yogurt serta menampilkan hasil alam yang ada di lekok khususnya Desa Wates. 

Sayur kelor dan buah Srikaya, sehingga Bu Bupati dapat langsung memetik hasil potensi alam milik salah satu ukm dengan hasil produksi susu dan yogurt yang bernama Fatimah, pelaku ukm muda, 21 tahun.

"Pelaku UKM sangat senang dengan kehadiran Bu Bupati pagi ini. Disamping dagangan laris, juga menjadi ajang promosi tersendiri bagi para pelaku umkm," tutur Wiwik Sulandari, pendamping UMKM Kecamatan Lekok untuk  Satrya Emas, pusat strategi dan pelayanan ekonomi maslahat. Sebuah brand Kabupaten Pasuruan untuk menggeliatkan UMKM.

Pegiat usaha muda Lekok yang  bernama Turmudzi,  pemilik usaha Kopi Songo tentang daun kelor Lekok mengatakan, "Saya menginginkan ekspor daun kelor tidak menjadi tangan kedua, tapi langsung dari putra daerah Lekok. Untuk brand dan kemajuan UMKM Lekok," tuturnya.

"Tidak hanya produk dari kecamatan Lekok dari daerah lain juga tampil. Grati, Rejoso dan Lumbang. "Kami bahagia ada kegiatan seperti ini, sangat menunjang perkembangan UMKM," tutur Rasyid yang ikut mendampingi kecamatan Lumbang.

(Anis Hidayantie)

 
Top