Sekda Natuna Buka Kursus Mahir Dasar ( KMD) Pramuka Kabupaten Natuna


Sekda Natuna Buka Kursus Mahir Dasar ( KMD) Pramuka Kabupaten Natuna

Hendra Kusuma sampaikan sambutan-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Sekda Natuna Hendra Kusuma mewakili Bupati Natuna Hamid Rizal, membuka Kursus Mahir Dasar ( KMD) Pramuka Kabupaten Natuna.di aula gedung Asrama Haji Masjid Agung Natuna. Selasa (6/10/2020).

Pada kegiatan ini ia mengatakan, bahwa KMD adalah salah satu cara membangkitkan kembali gairah kepramukaan mulai dari tingkat siaga Dasar.

“Dulu pramuka ini, sangat mendunia sekali. makanya kita wajib untuk mengaktifkan kembali gairah kepramukaan di tingkat dasar,” kata Sekda Natuna Hendra Kusuma 

Ia menjelaskan, pada KMD ini penerapannya lebih kepada proses pembelajaran di alam bebas, konsep kerjasama tim, pembentukan mental karakter kepemimpinan yang dicurahkan secara langsung.

“Namun tentunya pada penerapan nanti akan sangat berbeda halnya dengan pola pembinaan yang harus kita lakukan saat ini. para Pembina Pramuka dituntut untuk lebih kreatif menjadikan gerakan Pramuka menjadi kegiatan yang menarik, sehingga peserta duduk termotivasi untuk berpartisipasi, mengembangkan kreatifitas peserta didik secara bebas namun tetap dibatasi dengan nilai-nilai kepanduan,” jelasnya.

Menurutnya, kemajuan teknologi information komunikasi menjadi sebuah kompetitor yang memberi peluang besar dalam pengalihan fokus anak melalui berbagai gadget yang berisikan berbagai aplikasi yang sangat menarik, terkadang menyita waktu bahkan berdampak buruk bagi perkembamgan mental anak, jika informasi yang diakses tidak terdapat pengawasan di atasnya.

“ Untuk itu, dapat kita simpulkan bahwa dirinya adalah apa yang dia baca, apa yang dia lihat dan apa yang dia ucapkan dan lakukan selama ini sebagian besar waktu anak dihabiskan dengan gadget tanpa pengawasan, bukan tidak mungkin terjadi kerusakan mental, pengikisan moral dan membuat peserta didik menjadi malas untuk beraktifitas,” pintanya.

sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Natuna, Beni Suparta menjelaskan, untuk kursus pembina Pramuka mahir tingkat Dasar ini dikhususkan kepada para guru maupun kader pramuka.
Hal ini bertujuan guna dapat melatih dan menjadi pembina pramuka tingkat siaga. selain itu agar para guru lebih meningkatkan kualitas kepramukaan di kabupaten Natuna. 

“Pramuka mendidik kita untuk tampil dalam berkarya. makanya Praja Muda Karana memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. untuk itu para pembina pramuka dituntut lebih kreatif agar peserta didik lebih tertarik dan bersemangat,” paparnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 4 hari ke depan, dengan diikuti oleh 40 peserta dari sejumlah kecamatan di Natuna.

Sebanyak 40 orang tersebut di antaranya peserta dari Bunguran Timur 14 orang, Bunguran Timur Laut 6 orang, Bunguran Selatan 4 orang, Bunguran Tengah 6 orang dan Bunguran Batubi 10 orang.
Sekda Natuna menyerahkan pataka lambang pramuka

Pemasangan tanda peserta KMD oleh sekda Natuna

Sekda Natuna Dipasangi Kacu tanda Penghargaan

 (Pur)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama