Sekda Batam: MTQ Ke-30, Rencana pada 24-29 Agustus 2020


Sekda Batam: MTQ Ke-30, Rencana pada 24-29 Agustus 2020

Sekda Batam (Pertama dari Kanan)
BATAM I KEJORANEWS.COM :Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, memastikan bahwa  pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kota Batam akan dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 29 Agustus 2020. Hal ini disampaikannya pada, Jumat (17/7/2020).

" Untuk lokasi, kita pusatkan di Dataran Engku Putri. Ini perlu persiapan matang, karena pelaksanaan ini dilaksanakan di saat Batam sedang beradaptasi dengan kehidupan normal baru/new normal di tengah pandemi Covid-19," katanya pada rapat persiapan pelaksanaan MTQ tingkat kota Batam, di Ruang Hang Nadim, di Kator Wali Kota Batam, Batam Centre - Batam.

Lanjut, MTQ Ke-30, mengusung tema “Dengan MTQ XXX Tingkat Kota Batam Tahun 2020, Kita Tingkatkan Silaturahmi dan Raih Prestasi yang Gemilang Menuju Ihsan Qurani”.

Dalam pelaksanaan, lanjutnya lagi mempertimbangkan protokol kesehatan bagi peserta maupun tamu yang menyaksikan. Jadi, panitia memastikan penggunaan masker hingga pengaturan jarak terutama kursi tamu.

Secara teknis, ia menjelaskan terdapat 10 cabang yang akan di pertandingakan. Pertama cabang Seni Al-Qur’an dengan lima kategori; Golongan Tartil putra-putri, Golongan Tilawah anak-anak putra-putri, Golongan Tilawah remaja putra-putri, Golongan Tilawah dewasa putra-putri, serta Golongan Tilawah cacat netra putra-putri.

"Berikutnya untuk cabang Qira’at Al-Qur’an, hanya untuk golongan mujawwad dewasa putra dan putri," terangnya.

Selanjutnya, cabang Hafalan Al-Quran, dengan lima kategori; 1 Juz Tilawah putra-putri, 5 Juz Tilawah putra-putri, 10 Juz Tilawah putra-putri, 20 Juz Tilawah putra-putri, dan 30 juz Tilawah putra-putri.

Cabang Tafsir Al-Quran terdiri dari tiga kategori; Bahasa Arab putra-putri, Bahasa Indonesia putra-putri, dan Bahasa Inggris putra-putri. Cabang Syarh Al-Qur’an, dan cabang Fahm Al-Qur’an putra-putri.

Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an, dengan empat kategori; Naskah putra-putri, Hiasan Mushaf putra-putri, Dekorasi putra-putri, dan Kontemporer putra-putri. “Tiga cabang lainnya yang diperlombakan, MMQ putra dan putri, Lomba Stan Bazar, serta Lomba Qasidah Rebana," terangnya.

Untuk tahap awal, pendaftaran dibuka pada tanggal 20 Juli hingga 03 Agustus 2020. Setelah itu, akan dilakukan verifikasi pada tanggal 04 sampai 08 Agustus 2020, dan masa sanggah tanggal 10 hingga 11 Agustus 2020.

Ia berharap, semua peserta yang menang nantinya benar-benar memiliki potensi yang bagus. Dimana pemenang menjadi perwakilan Batam di tingkat Provinsi. "Untuk MTQ tingkat Provinsi dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 24 September 2020 di Tanjung Pinang," tutup Sekda Batam, Jefridin Hamid.

Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama