Pelatihan Metode OSCE (Object Strucctured Clinical Examination) Program Studi Profesi Ners STIKes Awal Bros Batam


Pelatihan Metode OSCE (Object Strucctured Clinical Examination) Program Studi Profesi Ners STIKes Awal Bros Batam

Peserta Pelatihan saat Praktek-
BATAM I KEJORANEWS.COM : Pada tanggal 9-11 Desember 2019 Program Studi Profesi Ners STIKes Awal Bros Batam telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Metode OSCE (Object Structured Clinical Examination) Program Studi Profesi Ners untuk para dosen. 



Kegiatan pelatihan berlangsung 3 (tiga) hari mulai dari pukul 08.00 wib hingga pukul 18.00 wib. Acara ini diselenggarakan di kampus STIKes Awal Bros Batam dengan menghadirkan narasumber dari Asosiasi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).



Narasumber Dr. Muhammad Hadi, M. Kep. dan Dr. Irna Nursanti, M. Kep yang merupakan tim perancang OSCE Keperawatan di Indonesia,  menjelaskan materi dengan rinci dan menarik. Fokus pelatihan hari pertama meliputi konsep OSCE, Blueprint Uji Kompetensi, teknik penyusunan dan Review Soal OSCE, teknik pengujian OSCE, teknik melatih Klien (Pasien) Standar, penetapan nilai kompeten, simulasi proses ujian OSCE, juga strategi pengembangan OSCE.



Pelatihan hari kedua merupakan praktik simulasi OSCE, dengan 9 stase dengan masing-masing dosen penguji sesuai dengan spesialisasi nya. Pasien standar di datangkan secara khusus, di lakukan briefing, dan dilatih sesuai dengan kasus yang didapatkan. 



Pelatihan ini sendiri bertujuan untuk menciptakan sistem ujian yang objektif dan terstandar secara nasional, melengkapi ujian kompetensi dari segi berpikir kritis, keterampilan, dan perilaku agar menghasilkan Ners yang kompeten dan siap menghadapi Uji Kompetensi (UKOM) dan OSCE Nasional yang sedang dirancangkan, serta menjamin terlaksananya kegiatan pelaksanaan OSCE yang lancar, tertib dan baik sesuai jadwal dan ketentuan.



Diharapkan dalam kegiatan pelatihan ini bisa berdampak terhadap kemampuan dosen untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga dapat menghasilkan alumni yang profesional dan siap untuk diterjunkan ke lahan klinik dengan kompeten.


Rilis/ Redaksi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama