Tempat Pelelangan Ikan harus Menjadi Tempat Pemasaran


Tempat Pelelangan Ikan harus Menjadi Tempat Pemasaran

Asisten III, Izwar Aspawi ( tengah) -
NATUNA I KEJORANEWS.COM: Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bidang Perikanan, Koperasi Perikanan dan Nelayan Se-Kabupaten Natuna mengikuti Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, di Natuna Hotel, Selasa (24/9/2019).

Kegiatan dari Dinas Perikanan Kabupaten Natuna ini dibuka Asisten Pemerintahan III Setda Natuna, Izwar Aspawi, yang mewakili Bupati Natuna, Hamid Rizal.

Dalam kata sambutan Asisten Pemerintahan III Setda Natuna, Izwar Aspawi, menyampaikan, bahwa tempat pelelangan ikan (TPI) merupakan salah satu fasilitas pendukung dalam aktivitas perikanan yang diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang menggerakkan dan meningkatkan usaha dan kesejahteraan nelayan.
Peserta Konsultasi Publik


" Tempat pelelangan ikan juga merupakan salah satu fasilitas fungsional yang disediakan di setiap pangkalan pendaratan ikan di antara berbagai fasilitas lain seperti Dermaga, Kolam Pelabuhan, Alur Pelayaran serta Fasilitas penunjang lainnya seperti gudang keamanan dan lain sebagainya, " ungkapnya. 

Menurut Izwar, kompleksitas produk Ikan yang dihasilkan dari upaya penangkapan nelayan akan membuat nilai jual yang diperoleh antara nelayan dan konsumen sangat jauh berbeda. 

" Kesenjangan ini akan menimbulkan dampak negatif yang kurang baik bagi perkembangan perekonomian pada bidang perikanan, agar hasil pemanfaatan sumber daya ikan oleh nelayan bisa baik, maka tempat pelelangan ikan harus dapat dikembangkan fungsinya dari Pusat Pelayanan menjadi Pusat Pemasaran, "paparnya. 

Hadir dalam kegiatan acara tersebut, Ketua sementara DPRD Kabupaten Natuna Andes, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin dan Tamu Undangan lainnya. 

( Iwan Kurniawan )
Lebih baru Lebih lama