{[["☆","★"]]}
KUNINGAN I KEJORANEWS.COM : Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan saat ini terus menggencarkan penggantian pemasangan lampu konvensional ke lampu LED (Light Emitting Diode) di wilayah Kuningan.

"Pemasangan lampu LED sudah terpasang di sejumlah jalan di wilayah Kuningan, sebanyak 500 lampu yang telah terverifikasi" jelas Kadishub Deni Hamdani, Senin (26/8/2019) saat ditemui jabarcenna.com diruang kerjanya.

Upaya maksimal Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan ternyata mampu menurunkan pembayaran Listrik dari program penerangan jalan umum (PJU), hingga Pemerintah Kabupaten Kuningan mengalami surplus milyaran rupiah dari upaya efesiensi dalam penurunan daya penggunaan Listrik dan Rekening dengan cara menggunakan strategi pergantian lampu, dari konpensional ke LED lampu.

Dikatakan Deni, Strategi penggunaan lampu PJU yang semula bersifat konpensional hingga menelan 300 Watt tersebut kini bisa berkurang mencapai 100 Watt saat dengan menggunakan lampu LED

"ini mendapat manfaat yang luar biasa. Selain Pemda mengalami surplus dari strategi pergantian lampu ini juga manfaatnya terasa sekali oleh masyarakat luas" ucapnya

Semula Pemda harus membayar kepada PLN sebesar 1,3 milyar/bulannya namun setelah di ganti dengan teknik strategi 1 PJU 1 Km, turun menjadi 97 juta/bulannya, dan bulan besok lusa pasti ada penurunan lagi,"terang Deni


Pemda dengan PLN sudah ada jalinan kerja sama (MoU) dalam kontrak karena ada paket pergantian sebanyak 500 lampu yang telah terverifikasi baik UJL maupun yang lainnya.


"Alhamdulillah pihak PLN reponnya baik," ungkapnya


Lebih jauh Deni menjelaskan, kalau program pergantian 500 lampu ini sukses, kata Deni, mungkin nilai pembayaran di bulan September lusa akan turun lagi hingga antara 800 jutaan, hasil survey lapangan ternyata sampel awal mendapati penurunan dengan penghapusan Idpel hingga 40.000 KP/bulan di wilayah UPJ Cilimus, dan kalau itu berhasil akan menurunkan kisaran 30.000 an, dari 2069 titik PJU yang terpasang di Kabupaten Kuningan, "dan kontak kontak tersebut sudah di efensiekan dengan teknik 1 PJU 1 Km itu survey saya sendiri di lapangan," Kata Deni.

Sedangkan kontrak antara Pemda dengan PLN di dua wilaya UPJ Kuningan denga UPJ Cilimus sebanyak 800 kontak, dan komunikasi saya dengan PLN selalu intens, mudah mudahan tahun depan akan kita nolkan dengan pembayaran menjadi 300 juta/bulannya. Pendapatan pajak dari PJU 2 miliar/bulan atau hampir 26 miliar/tahunya, alhamdulillah sejak saya masuk di Perhubungan, Pemda membayar kepada PLN turun menjadi 16 milyar/tahun, hingga Pemda nengalami surplus antara 4 hingga 8 milyar, kemudian dari upaya maksimal kami, pemda kembali mengalami surplus hingga hingga ke level tengah menjadi kisaran 13 milyar, itu dari penurunan pembayaran ke PLN dari 11 hingga 12 miliar.

Angka itu masih bisa ditekan dengan percepatan penurunannya kalau skenario 1 PJU 1 Km ketemu, dan mungkin saja kedepannya bisa sampai 9 milyar karena Dishub dapat barngnha dari LKPP e~katalog, ketika itu ada jeda molor selama 5 bulan, tetapi itu bukan kesalahan perencanaan, namun itu merupakan masalah di internal, pungkanya.

( Iwan)
 
Top