Kongres XXII PGRI 2019, Jokowi: Peran Guru Semakin Sentral, Utama dan Strategis


Kongres XXII PGRI 2019, Jokowi: Peran Guru Semakin Sentral, Utama dan Strategis

Kongres XXII PGRI Tahun 2019
JAKARTA I KEJORANEWS.COM : Presiden Joko Widodo mengingatkan para guru untuk berhati-hati. Saat ini ruang kelas bukan satu-satunya tempat belajar, namun sekarang sudah bergerak kemana-mana. Sabtu, (06/07/2019)

“Dunia virtual adalah kampus kita, saya belajar dari sana. Google adalah perpustakaan kita, Wikipedia adalah ensiklopedia kita, Kindle buku elektronik adalah buku pelajaran kita, dan masih banyak media digital lainnya,” katanya dalam sambutan Pembukaan Kongres ke-22 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Oleh sebab itu, Presiden menegaskan, peran guru harus lebih dari mengajar sekarang ini, tetapi juga mengelola belajar siswa, mengarahkan belajar siswa, karena mereka bisa belajar dimana-mana.

Dalam lima tahun ke depan, menurutnya  pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah prioritas pembangunan nasional. Artinya, para guru semuanya berperan sentral dalam melaksanakan program pembangunan sumber daya manusia.

"Kualitas SDM di semua jenis profesi harus ditingkatkan secara signifikan kualitas SDM di usia dini, di usia remaja harus ditekankan juga secara signifikan, sehingga semua mampu menghadapi dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berubah begitu sangat cepatnya," terangnya.

Oleh karena itu, Ia melanjutkan tujuan pendidikan tidak lagi hanya mencetak siswa yang berpengetahuan, tetapi juga siswa yang berketerampilan, memiliki skill dan juga berkarakter. Pendidikan Pancasila misalnya, tidak cukup hanya memberikan pengetahuan Pancasila kepada siswa tetapi lebih penting lagi adalah membentuk karakter dan kepribadian Pancasila kepada tiap-tiap diri siswa.

"Pendidikan Kita juga harus mampu memberikan bekal keterampilan, bekal skill kepada siswa yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Ketika pembangunan SDM jadi prioritas, paling utama peran guru akan semakin sentral, semakin utama dan semakin strategis. Guru harus menjadi agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa,” tegasnya di Britama Arena, Kelapa Gading, Jumat (5/7) malam.



Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama