Penumpang Minta AC, Pemilik Kapal Istiqomah II Beri Kipas Angin, Ini Alasannya


Penumpang Minta AC, Pemilik Kapal Istiqomah II Beri Kipas Angin, Ini Alasannya

Kapal Istiqomah 2
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Masih belum adanya Air Conditioner (AC) di dalam kapal dan lambatnya gerak kapal Ferry Istiqomah Jaya II rute Tarempa - Padang Melang menuai kritik dari masyarakat Kabupaten Anambas.

Hamdan seorang warga  pengguna jasa kapal ferry istiqomah jaya II tujuan Tarempa-Padang Melang mengatakan bahwa dirinya menyayangkan tidak adanya AC di dalam kapal, padahal  menurutnya AC merupakan salah satu fasilitas pelayanan bagi penumpang.

 " Kami penumpang seharusnya di buat nyaman dengan adanya AC, sebab perjalanan kami memakan waktu sekitar satu jam lebih itu. AC dan fasilitas lainnya itu agar penumpang nyaman dalam berlayar. " Ujarnya Senin (13/5/2019).

Hamdan berharap, pemilik atau managemen kapal dapat menerima masukan dari penumpang, karena jika pengguna jasa sudah tidak nyaman, gerah dan terasa panas, tentu mereka akan pindah atau mencari kapal yang lain. 

" Murahnya harga tiket perjalanan yang dijual ferry Istiqomah Jaya II, bukan berarti fasilitas penumpang diabaikan oleh manajemen, " tambahnya.

Seorang warga lainnya,  juga mengaku gerak Fery di laut juga terkesan lambat, sehingga membosankan dirinya sebagai penumpang.

Sementara itu, Sementara itu, Kepala seksi ((Kasi) Dishub KKA, bidang laut keselamatan dan pelayaran Kabupaten kepulauan Anambas Adi Wahyudi Hutagaol mengatakan, untuk fasilitas fery seperti AC, pihaknya akan menyurati ke manajemen kapal. Namun untuk kecepatan gerak fery, pihaknya tidak bisa menetapkan karena kecepatan bergantung pada cuaca demi keselamatan pelayaran. 

Sementara itu, pemilik Kapal Ferry istiqomah jaya II, Tumin, mengatakan bahwa terkait fasilitas pihaknya akan mengupayakan sebaik mungkin.

" Kalau untuk pelayanan dan fasilitas akan kita upayakan sebaik mungkin kepada penumpang. Untuk itu, hari ini  kami sudah siapkan penambahan kipas angin besar sebanyak 4 unit lagi, yang mana kipas angin yang tersedia baru 6 unit. Menapa kita tidak pasang AC, kalau AC sulit untuk kita pasang, di karenakan beresiko, AC membutuhkan daya tegangan tinggi, kita juga tidak mau mengambil resiko itu, " ungkap Tumin, owner Istiqomah II.

Terkait kecepatan Tumin mengatakan bahwa 1 jam perjalanan rute Tarempa - Padang Melang sudah termasuk cepat.

" Kemaren terkesan lambat karena faktor cuaca yang kurang baik. perjalanan 1 jam lebih itu sudah cepat, dan penumpang juga ramai kemaren, " tutupnya.


Lionardo
Lebih baru Lebih lama