{[["☆","★"]]}
Kota Batam Menjelang Pagi (by google)
BATAM I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kota (Pemko) Batam terkait tugas umum pemerintahan dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Batam Tahun Anggaran 2018.

Disampaikan oleh Wakil Walikota Batam pada Rapat Paripurna Ke VII Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019 (21/3), di Gedung DPRD Kota Batam, Batam Centre - Batam. Jum'at, (22/03/2019)

Dimana tugas umum pemerintahan tersebut, meliputi kerjasama antar daerah, kerjasama daerah dengan pihak ketiga, koordinasi dengan instansi vertikal di daerah, pembinaan batas wilayah, penanggulangan dan pencegahan bencana, pengelolaan kawasan khusus, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.

Wakil Walikota Kota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan, kerjasama Pemko Batam pada tahun 2018 antara lain, kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, Siak, Sumedang dalam pengembangan wisata dan kebudayaan. Pemerintah Surakarta, dalam bidang parawisata, distribusi dan perdagangan pangan.Lembaga Ilimu Pengetahuan Indonesia, tentang penelitian dan pengembangan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berikutnya, kerjasama dengan Badan Pengusahaan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, dalam pembentukan Mal Pelayanan Publik bidang perizinan dan nonperizinan di Kota Batam. Badan Pengawas Obat dan Makanan tentang pengawasana obat makanan terpadu, Polresta Barelang tentang penelusuran dan pembinaan serta pelatihan putra/putri daerah kota Batam yang berprestasi dalam penerimaan calon anggota Polri, Direktorat Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI tentang penyelenggaraan infrastruktur persampahan di kota Batam.

"Politeknik Batam tentang pembangunan daerah dalam meningkatkan perekonomian dan pelayanan publik di kota Batam. Kejaksaan Negeri Batam Polresta Barelang dan TP4D terkait koordinasi dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam penanganan laporan dan pengaduan masyarakat yang berindikasi tindak pidana korupsi. PT Citra Agra City Nusantara tentang penempatan tenaga kerja industri, Badan Informasi Geospasial tentang penyelenggaraan, pengembangan, pemanfaatan data, serta informasi geospasial di kota Batam," terangnya.

Amsakar Achmad menambahkan, Kota Batam juga mendapat beberapa penghargaan sebagai bukti pengakuan pihak luar atas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pembinaan kemasyrakatan.

"Untuk itu pada kesempatan ini, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan anggota DPRD Kota Batam, serta kepada seluruh komponen masyarakat Kota Batam yang telah mendukung terciptanya situasi dan kondisi yang kondusif sehingga penyelenggaraan pemerintahan dalam pembangunan berjalan tertib, lancar dan sukses," katanya.

Berikut daftar penghargaan yang diterima Pemko Batam, antara lain, Penghargaan dari Direktorat Jenderal Infomasi dan Komunikasi Publik, sebagai pelayanan informasi dan komunikasi publik melalui media centre daerah, konten teraktif berita, peringkat pertama tahun 2017. Piagam penghargaan dari BKKBN sebagai terbaik II Kabupaten/Kota dengan pencapaian terbaik program kependudukan keluarga berancana dan pembangunan keluarga Provinsi Kepuluan Riau tahun 2017.

Penghargaan dari Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018, sebagai 10 kota terbaik nasional dan peringkat pertama terbaik seProvinsi Kepuluan Riau yang dianugerahkan kepada Walikota Batam dalam membangun parawisata daerah. Piagam penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, dianugrahkan kepada Pemko Batam atas prestasi inisiator pembangunan Mal Pelayanan Publik terlengkap dan terbesar di Indonesia.

Penghargaan dari Pemerintahan Republik Indonesia kepada Pemko Batam, atas pencapaian opini wajar tanpa pengecualian untuk laporan keuangan pemerintahan daerah dari tahun 2013 sampai 2017. Penghargaan dari Menpan RB kepada Dinas Penanaman dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam sebagai unit penyelenggara pelayanan publik kategori pelayanan prima tahun 2018, dan atas Komitmen untuk mengimplementasikan mall pelayanan publik sebagai wujud nyata gerakan Indonesia melayani menuju pelayanan publik kelas dunia.

Piagam penghargaan juara I tujuan wisata terpopuler dalam ajang anugerah Pesona Indonesia 2018, dari Kementrian Parawisata RI. Piagam penghargaan dari KPK kepada Pemko Batam sebagai instasi penerapan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbaik 2018. Penghargaan kepatuhan pelayanan publik, terbaik II tingkat Kota se Indonesia oleh Ombudsman RI tahun 2018.

Lanjut, Orang nomor dua di Kota Batam mengatakan, keberhasilan itu semua tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama DPRD serta Masyarakat Kota Batam, disamping keberhasilan yang telah dicapai tentunya masih ada permasalahan yang harus disikapi secara bersama baik yang bersifat internal maupun eksternal.

"Oleh karena itu, segala masukan yang bersifat konstruktif dan inovatif sangat kami harapkan bagi perbaikan kinerja Pemko Batam kedepan, guna lebih meningkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas, penyelenggaraan pemerintahan daerah serta fungsi pengawasan DPRD terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan dimasa yang akan datang. Untuk mewujudkan Batam sebagai dunia bandar madani yang berdaya saing maju sejahtera dan bermartabat," pungkas Wakil Walikota Batam.




(atm)
 
Top