Agen Mata-mata Israel Ditangkap Tentara Libanon


Agen Mata-mata Israel Ditangkap Tentara Libanon

Tentara Lebanon memeriksa mobil yang
  rusak di Sidon, Lebanon, pada 14 Januari 2018.
 (Foto oleh Reuters)

LIBANON I KEJORANEWS.COM : Tentara Libanon mengatakan telah menangkap seorang agen yang diduga agen mata-mata Israel Mossad atas ledakan bom mobil di kota selatan negara itu, Sidon, yang sedikit melukai seorang anggota gerakan perlawanan Islam Palestina, Hamas, tahun lalu.

Direktorat Intelijen Angkatan Darat Lebanon mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa Hussein Ahmad Batto ditangkap pada 21 Januari di daerah Sharhabeel di Sidon, yang terletak 40 kilometer (25 mil) selatan ibukota, Beirut.

Pernyataan itu menambahkan bahwa Batto dilaporkan mengakui bahwa ia telah bekerja di bawah Mossad sejak 2014.

“[Batto] bertemu majikannya di luar Libanon, dan diberikan peralatan dan perangkat khusus untuk pemantauan dan komunikasi.

"Dia juga mengakui pemantauan (Mohammed) Hamdan sejak musim panas 2017, dan bahwa dia menemukan tempat tinggalnya, mengikuti gerakannya dan mentransfer informasi yang dikumpulkan kepada majikannya," pernyataan itu menunjukkan.

Tentara Lebanon lebih lanjut mencatat bahwa Mossad memerintahkan Batto untuk meninggalkan Lebanon pada 23 Januari 2018.

"Dia tinggal di luar negara selama tiga bulan dan kembali berdasarkan permintaan mereka," kata pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa pasukan militer Libanon telah menyita sejumlah besar perangkat elektronik dari agen Israel.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh surat kabar berbahasa Arab al-Akhbar Libanon pada 29 Januari 2018, dua agen Israel dibantu oleh dua penduduk setempat dalam operasi pembunuhan terhadap Hamdan pada 14 Januari tahun lalu. Mereka meninggalkan Lebanon menggunakan paspor Georgia, Swedia dan Irak.

Laporan itu menambahkan bahwa para pejabat keamanan Lebanon telah berhasil mengidentifikasi pasangan itu, memperoleh foto-foto dan salinan dokumen identitas mereka, tanggal masuk dan keluar dari Lebanon, peran masing-masing dalam operasi dan kebangsaan yang mereka gunakan untuk beroperasi dengan penyamaran. .

Pejabat intelijen Libanon, yang meminta anonimitas, mengatakan kepada al-Akhbar bahwa salah satu agen Israel adalah seorang pria yang memegang duel kewarganegaraan Swedia-Irak, sementara yang lain adalah seorang wanita Georgia yang bekerja untuk Mossad.

Para pejabat melanjutkan dengan mengatakan bahwa, Mossad terus mengawasi Hamdan selama lebih dari tujuh bulan.

Hamdan mengalami cedera kaki dalam ledakan bom mobil. Dia dibawa ke rumah sakit setempat untuk perawatan.

Ledakan menghancurkan kendaraan dan menyebabkan kerusakan pada bangunan di dekatnya, mengirim asap hitam naik di atas kota.

Petugas pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian untuk memadamkan api, sementara pasukan keamanan menutup area tersebut.


Sumber : press TV.com
Lebih baru Lebih lama