Mulai Nigeria ke Iran, Kini Negara-negara Lain Mulai Meninggalkan Dolar AS


Mulai Nigeria ke Iran, Kini Negara-negara Lain Mulai Meninggalkan Dolar AS

 Dollar banknotes are seen in this photo
illustration taken February 12, 2018. (Photo by Reuters)
IRAN I KEJORANEWS.COM : Jumlah negara yang beralih ke mata uang nasional untuk menyelesaikan kesepakatan perdagangan bilateral tumbuh dalam menghadapi senjata dolar Amerika Serikat (AS).

Ketika Presiden AS Donald Trump memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran pekan lalu, dia memperingatkan bahwa setiap perusahaan yang melakukan kesepakatan dengan Iran dalam dolar juga akan dikenakan sanksi.

Beberapa perusahaan Rusia juga di bawah sanksi AS, sementara tweet Trump Minggu lalu menggandakan tarif pada impor baja Turki telah menyebabkan mata uang Turki jatuh lebih dari 20 persen terhadap dolar AS.

Pada hari Selasa (14/8/2018), Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan mitranya dari Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan mereka mendukung penggunaan mata uang nasional, bukan dolar AS, dalam perdagangan bilateral.

Lavrov mengatakan pada konferensi pers bersama dengan Cavusoglu di Ankara bahwa proses sama telah terjadi dalam perdagangan dengan Iran.

"Tidak hanya dengan Turki dan Iran, kami juga mengatur dan telah menerapkan pembayaran dalam mata uang nasional dengan Republik Rakyat China," katanya.

Iran, Turki memobilisasi negara lain dalam perang mata uang

Iran dan Turki menandatangani perjanjian tahun lalu untuk menggunakan mata uang lokal, dalam perdagangan sementara Tehran dan Moskow membahas pengaturan serupa.

Iran dan Turki sudah menggunakan mata uang nasional menyusul perjanjian Oktober lalu, dengan pengaturan serupa juga dilakukan antara Iran dan India.

Lavrov menggemakan pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mengatakan dia yakin "penyalahgunaan dengan sungguh-sungguh peran dolar AS sebagai mata uang cadangan global  seiring waktu akan melemahkan dan mematikan peran dollar."

Penggunaan mata uang nasional Rusia,  menurutnya juga sudah diterapkan dalam kerjasama antara Rusia dan BRICS - blok Brasil, India, Cina dan Afrika Selatan.

Di tempat lain di seluruh dunia, Nigeria telah memperkenalkan yuan Tiongkok sebagai mata uang perdagangan alternatif terhadap dolar AS.

Bulan lalu, bank sentral Nigeria menjual yuan pada lelang pertama mata uang Cina, dua bulan setelah menyetujui pertukaran $ 2,5 miliar dengan Beijing.

Nigeria adalah negara terbesar Afrika berdasarkan populasi dan ekonomi karena ekspor minyaknya. Anggota OPEC juga mengimpor banyak dari China yang merupakan mitra dagang terbesar Nigeria setelah AS.

Volume perdagangan antara Cina dan Nigeria mencapai $ 9,2 miliar pada tahun 2017.

China juga telah menandatangani pertukaran selama tiga tahun, senilai $ 4,8 miliar dengan Afrika Selatan. Dan juga kesepakatan serupa dibuat kepada pasar negara berkembang lainnya, beberapa di antaranya telah menjual renminbi (nama lain mata uang Yuan China) dalam bisnis.

Terlebih lagi, perang perdagangan yang berlangsung antara AS dan China mengambil korban atas perdagangan bilateral mereka, sementara sanksi Amerika terhadap Iran meningkatkan minat pada perdagangan minyak dalam yuan.

Cina telah mengancam akan membalas dengan menampar beberapa komoditas Amerika, termasuk minyak yang telah mengalir dalam volume yang lebih besar ke konsumen minyak mentah terbesar dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut para ahli energi, pemotongan pembelian minyak AS oleh China dapat meningkatkan penjualan Iran, yang Washington coba untuk mengekang dengan sanksi baru disebabkan oleh "sehatnya kembali Iran" pada 4 November 2018 lalu.

Sumber: presstv.com
Lebih baru Lebih lama