Lanal Ranai Terima Kapal Vietnam Hasil Tangkapan KRI Halasan-630


Lanal Ranai Terima Kapal Vietnam Hasil Tangkapan KRI Halasan-630

Serah terima berkas oleh Komandan KRI
Halasan - 630 Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan kepada Pasops Lanal Ranai Kapten Laut
(P) Galih Umbara S.H.
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan menerima berkars perkara Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam, tangkapan dari KRI Halasan-630 di dermaga Faslabuh Selat Lampa pada hari Rabu tanggal 30 Mei 2018, sekira pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya pada tanggal 29 Mei 2018, pukul 13.30 WIB, pada posisi perairan sebelah Utara Pulau Laut, (koordinat 06 29 100 U - 107 25 750 T) KRI Halasan-630 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Sandy K., telah menangkap sebuah KIA berbendera Vietnam dengan nama BV 93529 TS, GT. 97, Nakhoda a.n. Phan Ngoac Toan, ABK 12 orang Warga Negara Vietnam, dengan muatan ikan campuran.
Kapal Vietnam

Kapal tersebut ditangkap karena terbukti melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia dengan tidak dielengkapi dokumen yang sah. Kapal Ikan tersebut sama sekali tidak dilengkapi dengan dokumen apapun, baik dokumen kapal, dokumen muatan maupun dokumen personel pengawak kapal.

Karena kesalahan itu, selanjutnya KIA Vietnam BV 93529 TS selanjutnya dikawal dan ditunda karena sebelum diperiksa oleh KRI Halasan-630, mesin kapal tersebut telah disabotase agar tidak bisa hidup oleh ABKnya. Selanjutnya kapal tangkapan tersebut diserahkan ke Pangkalan TNI AL Ranai yang dilaksanakan di dermaga Faslabuh Selat Lampa, guna proses hukum lebih lanjut.
Petugas TNI AL dan ABK Kapal


Serah terima dilakukan pada pukul 20.00 WIB oleh Komandan KRI Halasan - 630 Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan kepada Komandan Lanal Ranai yang diwakili oleh Pgs. Pasops Lanal Ranai Kapten Laut (P) Galih Umbara S.H.

Keberadaan KRI Halasan-630 di perairan Natuna Utara adalah dalam rangka melaksanakan Operasi Benteng Sagara - 18, di bawah kendali operasi dari Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Armada I.

Dalam keterangan pressnya Komandan Lanal Ranai menyampaikan menerima berkas perkara KIA Vietnam tangkapan KRI Halasan-630, dan akan melaksanakan proses hukum lebih lanjut terhadap kapal dan ABK KIA Vietnam BV 93529 TS.

Adw
Lebih baru Lebih lama