Dirjen Kemenhub Agus Santoso Resmikan Pengoperasian Bandara Letung, Anambas


Dirjen Kemenhub Agus Santoso Resmikan Pengoperasian Bandara Letung, Anambas

Bandar Udara Letung, Jemaja, Anambas
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Bandara Letung yang terletak di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau diresmikan (soft launching) oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso. Minggu (1/4/2018).

Bandar Udara Letung, Jemaja, Anambas

Bandar Udara Letung tersebut menurut Agus Santoso sebagai penanda kehadiran negara di daerah perbatasan Indonesia. Sesuai dengan program Nawacita dari pemerintahan Presiden Jokowi, terutama Cita ke 3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, dan Cita ke 7 yang terkait dengan kemandirian ekonomi domestik.

" Semoga ini bisa mengembangkan potensi perekonomian daerah sekitar, terutama pengembangan sektor pariwisata," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso.

Agus berharap, Bandar Udara Letung bisa segera diresmikan secara grand opening pada tahun 2018 ini. Dengan demikian, pengembangan sisi komersial bandara akan bisa lebih cepat dilakukan dan keberadaan bandara bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Riau Nurdin Basirun yang ikut mendampngi Dirjen Kemenhub mengatakan, di Kepulauan Anambas terdapat 220 pulau yang merupakan diving spot terbaik. Bahkan salah satu pulau yang bernama Pulau Bawah merupakan tempat favorit wisatawan mancanegara karena selain sebagai spot diving yang bagus, pulau itu juga menawarkan keindahan pantainya.

Nurdin berharap dengan diresmikannya Bandar Udara Letung akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Anambas, baik wisawatan domestik maupun mancanegara.

Bandar Udara Letung mempunyai landasan pacu berukuran 1200 m x 30 m, taxiway dengan ukuran 125 m x 15 m, dan apron dengan ukuran 125 m x 70 m. Selain itu juga sudah tersedia gedung terminal seluas 600 meter persegi yang dilengkapi gerbang X-ray, lahan parkir kendaraan.

Maskapai yang beroperasi saat ini adalah Susi Air dengan frekuensi seminggu tiga kali untuk rute Batam-Letung (PP) dan Tanjung Pinang-Letung (PP). 

Lionardo
Lebih baru Lebih lama