Selama 2 Hari Vaksinasi, Binda NTT Berhasil Memvaksin Sebanyak 1.034 Orang


Selama 2 Hari Vaksinasi, Binda NTT Berhasil Memvaksin Sebanyak 1.034 Orang

Proses Vaksinasi Pelajar-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Tim vaksinasi Badan Intelijen Negara ( BIN) bersama Dinas Kesehatan ( Dinkes) Malaka, yang melaksanakan serbuan vaksinasi kepada pelajar dan warga Malaka, selama dua hari Senin dan Selasa (22-23/11/2021) berhasil memvaksin sebanyak 1.034 orang .


Pada vaksinasi Senin ( 22/11/2021) yang dilaksanakan di SMAK Katolik St.Maria Fatima Betun,Kecamatan Malaka Tengah dan sekretariat Persatuan Bela Diri Kork Indonesia Cabang Malaka,di Dusun Sorowebua,Desa Lakekun Barat,Kecamatan Kobalima tercapai vaksinasi sebanyak 256 dosis atau orang. Sedangkan di hari ke 2, ( 23/11), vaksinasi yang dilakukan di SMK Katolik St.Wilibrodus dan SMPK Sulama Kada,Kecamatan Kobalima tercapai hingga sebanyak 778 dosis dari target 500 dosis.


Kepala sekolah SMPK Sulama Kada Petrus Manek ketika dikonfirmasi media menyampaikan  apresiasinya kepada BIN.

 

“ Ini merupakan wujud perhatian pemerintah kepada kami, karena ini perdana bagi sekolah kami dalam vaksinasi. Kami sebenarnya sudah menunggu lama untuk melakukan vaksinasi, namun belum belum juga dapat. Dan hari ini BIN melakukannya, tentu kami sangat berterima kasih. Dan ke depan untuk tahap 2 kami berharap agar BIN juga dapat melaksanakan lagi  di sini, “ ujar Petrus.

 

Petrus juga berterimakasih kepada pihak penyedia transportasi dalam halini Kompi D Batalyon Infanteri Raider Khusus 744/SYB yang berada di wilayah kada yang sudah mendukung dengan menyediakan kendaraan untuk mobilisasi peserta dari SMPK Sulama Kada ke tempat Vaksin yang jaraknya ± 12 kilo meter.


Guru pendamping SMPK Sulama Kada,Yanto Seran menambahkan keterangan bahwa,  pelajar mereka yang menerima vaksin sebanyak 226 orang dari  229 orang.


“ Dalam proses skrining ada tiga siswa yang mengalami penyakit bawaan. Jadi kita pulangkan mereka. Sementara 226 siswa lainnya telah terima vaksin sinovac dosis pertama dengan aman dan tanpa ada keluhan. Kami berharap ke depan ada vaksinasi lanjutan dari BIN atau instansi terkait karena mengingat masih banyak pelajar di Malaka belum mendapat vaksin dosis pertama, “ terangnya.


Hal yang sama disampaikan oleh Wilhelmus Seran, Kepala Sekolah SMK Katolik St.Wilibrodus. Ia menyampaikan terima kasih kepada Badan Intelijen Negara NTT yang telah melaksanakan vaksinasi untuk pelajarnya tersebut.


“ Puji Tuhan,ini sangat membantu sekali bagi kami, terutama siswa yang  belum mendapatkan vaksin sinovac pertama. Karena sekarang teman ideal itu masker dan vaksin. Jadi sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan Puskesmas Betun  dan BIN yang sudah melaksanakan vaksin di sekolah ini, “ ujarnya


Disampaikannya juga bahwa, salah satu persyaratan  untuk mengikuti ujian nasional siswa kelas XII yaitu harus vaksin.Jika tidak, siswa tersebut tidak diperkenankan untuk  ikut ujian tersebut.


“ Jujur dari 956 pelajar di sekolah kami, sebanyak 600 lebih pelajar sudah terima vaksin dosis pertama. Dan menunggu dosis ke 2, “pungkasnya.

 

Ia juga mengingatkan kepada pelajar dan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan pola 5 M yaitu menjaga jarak, memakai masker,menghindari kerumunan,mencuci tangan dan mengurangi mobilitas.


Terpisah,Kabagops Binda NTT, Anton Irianto Popang mengatakan,sesuai target pelajar  Malaka mendapat 1000 dosis vaksin, dalam 2 hari vaksinasi.


“ Di hari pertama tidak mencapai target, hanya 256 dosis. Tetapi pada hari kedua targetnya 600 dosis namun melampui target dengan 778 dosis, sehingga bila digabungkan hari pertama dan kedua sudah melampaui target sebanyak 1.034 atau mencapai 103,4 persen. Artinya rencana pelaksanaan dapat berjalan dengan baik, “ Ujar Anton.


Lanjut Anton,  beberapa kabupaten lainnya seperti Belu, Timur Tengah Selatan (TTS) dan Kota Kupang sudah dilaksanakan vaksin untuk pelajar.


“ Sementara yang masih berlangsung di Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), “ ujarnya.


Sesuai target yang diberikan dari pusat,  Binda NTT mendapat tugas  kurang lebih 10000 pelajar yang harus sudah divaksin untuk bulan November 2021.


“ Pada bulan Desember kita akan targetkan  lebih banyak lagi, sekitar 13.500 pelajar.Sebab ini merupakan tugas yang diberikan dari pusat kepada kita untuk  mempercepat kegiatan vaksinasi, khususnya di Provinsi NTT, karena sesuai instruksi Bapak Presiden  vaksinasi untuk pelajar diakhir bulan Desember harus  mendekati 70 persen, “ungkapnya.

 

(Jolly)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama