Pjs Gubernur, Bahtiar Baharudin Canangkan Kepri sebagai Lumbung Kelapa


Pjs Gubernur, Bahtiar Baharudin Canangkan Kepri sebagai Lumbung Kelapa

Bahtiar Baharudin-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Provinsi kepulauan Riau yang merupakan daerah kepulauan, sejatinya merupakan daerah yang sangat baik untuk pertanian kelapa, namun sayang nya perkebunan kelapa di kepri belum lah digalakkan, dan kebanyakan pohon kelapa yang ada saat ini merupakan pohon kelapa tua yang telah berumur puluhan tahun.

Sementara guna memenuhi kebutuhan kelapa di provinsi Kepri saja hingga kini masih didatangkan dari luar yakni Jambi dan Riau. Hal inilah yang membuat tergeraknya hati Pejabat sementara (Pjs) Gubenur Provinsi Kepri, Bahtiar Baharudin untuk menggalakkan penanaman kelapa di seluruh Kepri.

Kepada wartawan di Ranai, dalam kunjungan kerjanya ke Natuna, Selasa (25/11/2020), Pjs. Gubenur Kepri Bahtiar Baharudin mengungkapkan, kelapa merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berguna mulai dari akar hingga ke pelepah dan daunnya. Holtikultura ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Namun sayangnya selama ini di Kepri belum ada program penanaman ulang atau peremajaan pohon kelapa.

“Ketika di Tanjung Balai karimun dibuka pengolahan kelapa, saya tanya, kelapanya dari mana, dijawab dari Riau sama Jambi, kenapa kita tidak tanam sendiri, padahal potensi kelapa di Kepri sangat tinggi,” kata Bahtiar yang merupakan pejabat eselon 1 di Kementrian Dalam negeri.

Bertitik tolak dari kelapa yang mulai sulit di kepri, maka Bahtiar mencanangkan penanaman bibit kelapa dan pencanangan Kepulauan Riau untuk menjadi lumbung kelapa nasional ke depan.

Pencanangan itu dimulai dengan penanaman bibit kelapa di Natuna, tepatnya di Kecamatan Bunguran Batubi. Diharapkan ke depan program tersebut dapat terwujud, dan Kepulauan Riau tidak lagi menjadi daerah pengimpor kelapa tetapi daerah pengekspor.

“Masalah bibit kita pikirkan nanti, yang penting saat ini kita mulai programkan penanaman kelapa, dan ke depan Kepri dapat menjadi lumbung kelapa Nasional,” tambahnya.

Saat ditanya jenis kelapa yang akan ditanam, Bahtiar menegaskan, untuk bibit kelapa akan dicarikan yang berkualitas dan cepat menghasilkan buah, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

( Pur)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama