{[["☆","★"]]}
TNI AL saat Mengolah Lahan Kosong-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Menghadapi wabah Covid-19 yang tak kunjung berakhir, Pangkalan TNI AL Ranai melakukan terobosan dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar komplek TNI AL  sebagai lahan perkebunan dan peternakan.

Lahan seluas 500m² itu selain ditanami berbagai jenis palawija seperti kacang tanah, jagung, singkong ,ubi jalar dan juga sawi, juga dimanfaatkan untuk memelihara ayam kampung. 

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir saat dihubungi, melalui sambungan telepon di Ranai mengatakan, kegiatan pemanfaatan lahan kosong itu dilakukan sesuai dengan arahan Panglima TNI kepada Panglima setiap Matra , dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Corona.

“Kita lakukan masih untuk internal Lanal Ranai saja, dengan menanam bibit palawija yang memang sesuai dengan struktur tanah disini,” ujar Danlanal, Rabu (13/5/2020).

Dalam pelaksanaannya,program ketahanan pangan ini, Lanal Ranai melibatkan secara langsung seluruh personil TNI AL Ranai, dengan pengadaan bibit secara swadaya.

Melihat banyak lahan tidur di Natuna yang tidak termanfaatkan, Kolonel yang baru sekitar 1 bulan bertugas sebagai Komandan Lanal Ranai ini berharap, upaya yang dilakukan oleh pihaknya dalam memanfaatkan lahan tidur, juga dapat dilakukan oleh masyarakat Natuna.

“Kami mengajak masyarakat untuk menggalakkan pemanfaatan lahan tidur disekitar tempat tinggal, menjadi lahan pertanian, dengan menanam palawija dan sayur mayur yang sesuai dengan kondisi tanah,” tambahnya.

Pemanfaatan lahan tidur ditengah perekonomian yang mulai sulit saat wabah Covid-19 ini, juga dapat menekan harga palawija dan sayur mayur dipasaran, yang selama ini sebagian besar masih didatangkan dari luar Natuna, serta meringankan ekonomi keluarga, karena tidak perlu membeli sayur untuk kebutuhan rumah tangga.

( Pur)
 
Top