{[["☆","★"]]}
Logo Tutwuri Handayani
BATAM I KEJORANEWS.COM: Dinas Pendidikan (Dispen) Kota Batam akan menyiapkan peladen (server) lebih besar untuk proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020. Kamis, (30/04/2020)
 
Kepala Dinas Pendidikan, Hendri Arulan mengatakan PPDB tahun ini akan dilakukan secara daring (online) sepenuhnya. "Tahun ini tidak ada pendaftaran manual ke sekolah. Sepenuhnya online. Jadi biar tidak lelet kami sudah siapkan jaringan yang cukup untuk melayani proses pendaftaran nanti," katanya.

Dinas Pendidikan akan menyiapkan aplikasi khusus untuk PPDB ini. Dan supaya tidak terjadi kepadatan akibat login serentak, maka akan dibuat sistem yang membatasi jumlah pendaftar per hari.

"Kami tengah siapkan betul server dan sistemnya. Jangan sampai ada keluhan ketika pendaftaran dibuka nanti," terangnya di Kantor Disdik, Sekupang - Batam (29/4).

Pendaftaran PPDB, sambungnya rencana akan dibuka pada awal Juni mendatang. Waktu pendaftaran akan berlangsung lebih lama dibanding sebelumnya. Sedangkan teknis pendaftaran menurut Hendri masih sama dengan tahun lalu.

Yaitu siswa dapat memilih dua sekolah yang dekat dengan lokasi tempat tinggal mereka. Setelah itu panitia PPDB akan melakukan verifikasi. Dan hasilnya pun akan diumumkan secara online.

"Nanti tata cara pendaftaran akan kita sampaikan ke publik. Sekarang dalam tahap finalisasi. Karena semua sudah online maka kita harap tak ada orang tua yang datang ke sekolah. Karena kita masih menjalankan protokol pencegahan penularan covid," jelasnya.

Terkait kuota, lanjutnya ada perubahan. Tahun ini 50 persen kuota tiap sekolah diperuntukkan bagi jalur zonasi. Kemudian 30 persen jalur prestasi, 15 persen afirmasi, dan 5 persen pindahan.



Andi Pratama

 
Top