{[["☆","★"]]}
Peserta Program JKN-KIS di HUT ke 51
BATAM I KEJORANEWS.COM : Badan Penyelenggara Jasa Sosial (BPJS) Kesehatan, dalam rangka memperingati Hari ulang Tahun (HUT) ke 51 kembali mengadakan kegiatan sosialisasi yang bertemakan "BPJS Kesehatan Batam Turun Kampung".

Pada pelaksanaannya, mengundang kurang lebih 100 warga/peserta untuk wilayah kelurahan Sembulang, di aula kantor Camat Galang - Batam. Salah satunya sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).  Kamis, (11/07/2019)

Selaku Deputi Direksi BPJS Kesehatan Bidang Aktuaria dan Manajemen Resiko, Ikhsan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran peserta tentang pentingnya program JKN-KIS sekaligus meningkatkan pemahaman peserta terhadap prosedur, hak dan kewajiban peserta terhadap program JKN-KIS.

“Jangan sampai ada masyarakat yang terlewatkan sebagai peserta JKN-KIS, karena apabila sakit dan membutuhkan biaya yang besar akan sangat merepotkan, silahkan sampaikan kepada tetangga yang belum jadi peserta JKN-KIS,” katanya pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Ia melanjutkan, sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak mendaftar jadi peserta JKN-KIS, karena caranya sudah banyak dan mudah. Peserta bisa mendaftar ke kantor, lewat kader JKN, atau melalui aplikasi Mobile JKN.

"Selain mendaftarnya gampang, pembayarannya pun gampang. Peserta dapat membayarkan iuran JKN-KIS melalui bank, kantorpos, indomaret atau melalui kader JKN. Kalau untuk kaum milenial daftar pakai aplikasi Mobile JKN pun bisa, kalau mau bayar dan di Galang tidak ada bank atau indomaret bayar lewat Kader JKN juga bisa,” terangnya.

Pada dasarnya, ia menjelaskan tekad BPJS Kesehatan adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta JKN-KIS. Hal ini dilakukan dengan terus meningkatkan kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Aparat Desa, dan Fasilitas Kesehatan.

Ditempat yang sama, selaku Lurah Sembulang, Rizal mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program JKN-KIS. Hal tersebut dilakukan dengan membantu masyarakat dalam proses pembayaran dan melakukan pemantauan kepada masyarakatnya.

“Kami akan terus lakukan pemantauan, jangan sampai ada peserta yang tidak terdaftar jadi peserta JKN-KIS,” ungkapnya.

Kegiatan OSR pada "Turun Kampung" di Kecamatan Galang
Selanjutnya, dihari yang sama sebagai wujud kepedulian kepada lingkungan sekitar, BPJS Kesehatan menyerahkan Organization Social Responsibility (OSR) berupa perlengkapan olahraga kepada Kecamatan Galang.

Bantuan berupa perlengkapan bola kaki dan bola voli tersebut, diserahkan langsung oleh Deputi Direksi Bidang Aktuaria dan Manajemen Resiko didampingi oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam kepada Camat Galang yang diwakili oleh Sekretaris Camat Galang.

Pada kesempatan itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Zoni Anwar Tanjung menyampaikan OSR merupakan wujud dari kepedulian BPJS Kesehatan kepada salah satu wilayah yang sebagian besar penduduknya sudah menjadi peserta JKN-KIS.

Tidak hanya itu, menurutnya hal tersebut juga menunjukkan peran BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN-KIS yang juga aktif dalam perannya dibidang promotif dan preventif.

Ia mengatakan program promotif preventif penting dilakukan, sebab BPJS Kesehatan perlu menjaga peserta yang sehat tetap sehat dan peserta yang sakit tidak bertambah sakit.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian BPJS Kesehatan, dan kali ini kami memberikan bantuan perlengkapan olahraga untuk masyarakat Galang,” ungkap Zoni.

Dengan bantuan tersebut, Ia menambahkan BPJS Kesehatan terbukti tidak hanya sebagai penyelenggara program JKN-KIS yang membantu masyarakat ketika sakit, tapi pihaknya juga berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat salah satunya dengan berolahraga.

“Harapannya dengan bantuan ini, kesadaran masyarakat Galang akan pentingnya hidup sehat dengan berolahraga kian meningkat,” pungkasnya.

Selaku Sekretaris Camat Galang, Ate Rambe mengungkapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada BPJS Kesehatan. Bantuan perlengkapan olahraga yang diberikan sangat berharga mengingat antusias memasyarakat terhadap olahraga memang sangat tinggi.

“Nanti akan kita salurkan ke delapan (8) kelurahan yang ada di Galang, karena seluruh kelurahan punya tim olah raga masing-masing,” tutupnya mewakili Camat Galang dalam serah terima OSR perlengkapan olahraga.



Andi Pratama
 
Top