{[["☆","★"]]}
Relawan Demokrasi dan Contoh Surat Suara
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Pemilih pemula sangat membutuhkan sosialisasi tentang tahapan Pemilu 2019 dan cara pencoblosannya. Hal ini diungkapkan oleh Hariyadi salah satu Relawan Demokrasi dari Kecamatan Jemaja, Anambas. Minggu (17/3/2019).

Pernyataan tersebut diungkapkannya setelah beberapa kali melakukan sosialisasi kepada masyarakat pemilih pemula.

" Adapun tahapan yang kita lakukan, memberikan penjelasan kepada masyarakat pemilih pemula yang masih belum mengerti dengan Pemilihan Presiden dan Wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota. Kita dalam pelaksanaan sosialisasi menggunakan 
alat peraga langsung kita beri contoh surat suara yang memiliki lima warna, " ungkapnya.
Relawan dan Contoh Alat Sosialisasi


Selain  bagaimana cara memilih, ia mengaki juga mengingatkan masyarakat untuk mmenentukan hak pilihnya masing-masing, dan menjauhi  money politik ( politik uang ).

Menurut Hariyadi, kendala di lapangan adalah pada surat suara DPRD yang mana surat suara nantinya tidak menampilkan gambar calon, hanya nama calon saja, sehingga membuat ragu masyarakat. 

Relawan Demokrasi Anambas yang dibentuk KPU Anambas pada awal Januari 2019 lalu, ada sebanyak 55 orang yang ditempatkan di 11 tempat dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. Para relawan ini memiliki kontrak kerja dengan KPU kabupaten selama 3 bulan sejak di kukuhkan, dan mendapat honor Rp 750.000/ bulan.

Keberadaan relawan adalah untuk membantu kerja KPU dalam mensosialisasikan Tahapan Pemilu kepada masyarakat.

Lionardo
 
Top