Melalui Tim Siber, Polres Tulang Bawang akan Tindak Penyebar Hoax di Medsos saat Pemilu


Melalui Tim Siber, Polres Tulang Bawang akan Tindak Penyebar Hoax di Medsos saat Pemilu

Kapolres Tulang Bawang,
AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH
TULANG BAWANG I KEJORANEWS : Dalam upaya mengantisipasi berita hoax ( bohong) dan black campaign (kampanye hitam) pada Pemilu 2019, Polres Tulang Bawang Siapkan Tim Patroli Siber. Hal ini disampaikan AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH dalam diskusi interaktif dengan tema mewujudkan Pemilu (pemilihan umum) 2019 yang aman, damai dan sejuk, yang dilaksanakan hari Rabu (6/3/2019), sekira pukul 09.30 WIB, di Aula Hotel Sarbini, Jalan Lintas Timur (Jalintim), Kelurahan Menggala Selatan, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.

" Untuk mengawal jalannya Pileg (Pemilu Legislatif) dan Pilpres (Pemilu Presiden) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang, kami Polres telah menyiapkan tim patroli siber. Tim nanti akan bekerja mencari dan mengamati akun yang menyebarkan hoax dan black campaign di Medsos (media sosial), terhadap akun-akun tersebut nantinya akan dilakukan tindakan, "ujar AKBP Syaiful dalam penyampaiannya sebagai pemateri.
Peserta Diskusi Interaktif 


Tambahnya lagi, untuk menjamin terselenggaranya pelaksanaan Pesta Demokrasi, Polres juga telah menyiapkan personel sebanyak 483 orang yang nantinya akan ditugaskan untuk melakukan pengamanan di TPS (tempat pemungutan suara).

" Adapun rinciannya yaitu sebanyak 448 orang merupakan personel gabungan dari Polres dan Polsek sedangkan sebanyak 35 orang merupakan back up dari Polda Lampung. Selain jumlah tersebut, nantinya Polres juga akan mendapatkan bantuan dari TNI. Penempatan para petugas nantinya akan berdasarkan kerawanan, " ujarnya.

Urainya, bahwa sesuai data yang sudah masuk jumlah TPS di Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 1216 TPS. Dan pola pengamanan yang akan dilakukan dan dimaping adalah  1209 TPS dengan kriteria kurang rawan, 5 TPS dengan kriteria rawan dan 2 TPS dengan kriteria sangat rawan.

" Sedangkan untuk di Kabupaten Tulang Bawang Barat sendiri, data jumla TPS yang sudah masuk adalah sebanyak 797 TPS dan semuanya memakai pola pengamanan dengan kriteria kurang rawan, " jelasnya.

Diskusi interaktif Pemilu ini diikuti oleh KPUD Tulang Bawang, Bawaslu Tulang Bawang, Forkopimda Tulang Bawang, Parpol (partai politik) peserta Pemilu, Tokoh Masyarakat dan Stakeholder terkait.

(yusriyanto)
Lebih baru Lebih lama