{[["☆","★"]]}
Perlombaan Jong Batam di Pantai Nongsa - Batam (2018)
BATAM I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kota Batam, kembali menggelar perlombaan Olahraga Rekreasi dan Tradisional, dengan total hadiah uang tunai puluhan juta rupiah serta Piala bergilir. Senin, (11/03/2019)

Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini mengatakan, pembukaan lomba Jong (Perahu Layar) Batam  akan mulai dilaksanakan pada hari Rabu pagi pukul 08:30 WIB sampai dengan hari Jum'at (13 - 15/03/2019).

"Lomba tahun ini akan diikuti oleh 800 pemain, dengan jumlah Jong lebih kurang 1.600 unit. Peserta berasal dari Kota Batam, Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau, hingga negara tetangga Singapura," terangnya.

Lanjut, Kadispora Kota Batam mengatakan, perlombaan dibagi menjadi empat kategori, mulai dari Kelas Jong Kecil (dengan ukuran 1-1,29 meter), Jong Sedang (berukuran 1,3-1,59 meter), dan Jong Besar (1,6-1,9 meter), serta Kelas Jong Anak-anak, di Tanjung Mak Dara Kampung Melayu, Nongsa - Batam.

"Hadiah yang disiapkan tahun ini sebesar total Rp 61 Juta. Selain itu, peserta juga akan memperebutkan Piala Bergilir Walikota Batam Muhammad Rudi, dan pada perlombaan tahun lalu, piala dibawa pulang oleh Persatuan Jong Teluk Dalam dari Pulau Buru, Kabupaten Karimun - Provinsi Kepulauan Riau." Jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, Jong merupakan jenis permainan tradisional yang dimainkan oleh segala lapisan masyarakat, berupa balap perahu kayu tanpa awak dengan layar beragam warna. Lomba Jong ini akan dikembangkan menjadi atraksi wisata.

"Permainan rakyat ini cukup menarik untuk dijadikan 'Destinasi Wisata' apabila dikemas dengan baik," ujarnya.

Ia menambahkan, Wisatawan Mancanegara suka dengan permainan tradisional, karena mempunyai daya tarik tersendiri.

"Kita juga bise kemas bukan hanya perlombaannya, tapi juga bisa kita jual, mulai dari cara pembuatannya dan cara bermain Jongnya. Jadi, wisatawan tak hanye cume datang dan menonton,” pungkasnya di Pemko Batam, Batam Centre - Batam.




(humas/atm)
 
Top