{[["☆","★"]]}
Hiburan Barongsai
NATUNA I KEJORANEWS COM : Suasana malam menyambut tahun baru Imlek 2570/2019 di Kabupaten Natuna dimeriahkan dengan kegiatan atraksi kesenian Barongsai dan hiburan Musik orgen tunggal yang dilaksanakan pada malam pergantian tahun baru Imlek, Senin (4/2/2019) malam.

Kemeriahan penyambutan tahun baru Imlek ini tidak saja dirasakan oleh penganut konghucu tetapi juga masyarakat Natuna pada umumnya.  Di mana pada Senin malam, Kampung Tua Penagi ramai dipadati masyarakat yang hendak menyaksikan atraksi barongsai dan hiburan orgen tunggal.
Susana di Klenteng Di Tek Chi


Kampung tua Penagi memang menjadi pusat pelaksanaan Imlek di Natuna, karena dikampung ini berdiri klenteng Fu Tek Chi yang sudah berdiri alselama puluhan tahun.

Meliat semarak dan antusias masyarakat non konghucu yang datang menyaksikan barongsai, warga penganut konghucu sama sekali tidak merasa terganggu. Bahkan menurut Didi salah seorang warga penganut konghucu, kehadiran masyarakat membuktikan tingginya toleransi umat beragama di Natuna.

“Sangat senang dengan kehadiran saudara – saudara ini, kita sama sekali tidak terganggu, dan kami juga senang dapat memberikan hiburan kepada masyarakat,” ujar Didi disela – sela acara, saat ditanya mengenai kehadiran masyarakat.

Sementara itu beberapa pengunjung yang datang ke Penagi mengaku selain ingin menyaksikan kesenian barongsai, juga ingin berfoto bersama barongsai dan berfoto di Klenteng.

“Saya mengajak anak – anak untuk mlihat barongsai, maklum aktraksi ini kan tidak setiap saat ada di tempat kita,” ujar Adi Aswandi, salah seorang pengunjung yang datang bersama keluarga.

Sementara itu, tidak sedikit yang mengaku datang jkarena ingin berfoto, seperti yang diakui Rahmawati yang datang bersama teman – temannya.

“Kami mau berfoto sama barongsainya, tapi sepertinya kami terlambat, barongsainya sudah mau selesai,” kata Rahmawati.

Ramainya masyarakat yang hendak menyaksikan kesenian barongsai diakui oleh warga Penagi melebihi tahun sebelumnya. Sehingga sepanjang jalan Penagi dipadati oleh pengunjung, dan barongsai yang menyusuri jalan juga agak tersendat , namun kegiatan  berjalan dengan lancar berkat pengamanan dari TNI dan Polres Natuna. 

(IK)
 
Top