{[["☆","★"]]}
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas akan membangun 5 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Siantan Tengah,  Siantan Timur,  Siantan Selatan,  Kecamatan Jemaja Desa Landak dan Kecamatan Palmatak.

Wira Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian penduduk dan informasi keluarga Dinkes Anambas menyampaikan bahwa pengerjaan pembangunan 5 Puskesmas tersebut akan dimulai pada
bulan April nanti.

" Anggaran pembangunannya dari Kementerian Kesehatan  melalui
Dana Alokasi khusus bidang Afirmasi, 
sekitar Rp. 61.7 miliar, " ujar Wira kepada media ini di ruangan Kepala Dinkes. Rabu (27/2/2019).

Herianto Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas turut  menjelaskan bahwa usulan lima Puskesmas tersebut  sudah dari tahun 2017 yang lalu, sekitar bulan Desember tahun 2018 baru keluar di aplikasi KRISNA.


Terkait pembangunan Puskesmas di Kecamatan Siantan tengah, ujar Herianto, akan dibangun di Desa Air Asuk sesuai dengan Kemenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang pembangunan Puskesmas.

" Pembangunan Puskesmas di Desa Air Asuk Kecamatan Siantan Tengah,  tidak bisa di pindahkan ke Desa-desa lain, karena ada aturan yang menunjukan lokasi puskesmas tersebut, sesuai dengan kemenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang pembangunan Puskesmas. Dan luasnya sekitar 4400 meter persegi. Lahan langsung disurvei sesuai rekomendasi Tim Koordinasi Penetapan Ruang Daerah (TKPRD), "  beber Herianto Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Anambas.

Dijelaskannya bahwa Pembangunan Puskesmas di desa Air Asuk itu, menelan anggaran sebesar Rp. 8.5 milliar (fisik) bangunannya,  Rumah Dinas Rp. 1.2 milliar dan Alat Kesehatan (alkes) sekitar Rp. 2 milliar.

Lionardo
 
Top