{[["☆","★"]]}
Jalan Penagi Dihiasi Lampion Merah
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Perayaan tahun Baru Imlek 2570 atau tahun 2019 kali ini akan sedikit berbeda bagi penganut konghucu di wilayah Ranai dan sekitarnya karena diklenteng Fu Tek Chi Penagi, tahun ini telah dibangun sebuah pagoda sebagai pelengkap beribadah.

Pagoda berwarna merah  itu berada di depan pintu masuk menuju ke dalam klenteng.  

Tokoh agama dan pengurus Klenteng Fu Tek chi Penagi, Sien Thong mengatakan pembangunan pagoda itu terealisasi atas swadaya para penganut Konghucu.

 Selain itu, suasana menyambut tahun baru Imlek di Kampung Tua Penagi sudah mulai terasa sejak beberapa hari lalu, di sepanjang jalan penagi sudah diramaikan dengan lampion berwarna merah.

Pada perayaan imlek kali ini menurut Sien Thong pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“ Seperti biasa, jelang Imlek diadakan kerja bakti pembersihan klenteng, pemasangan lampion di klenteng dan sepanjang jalan,” kata Sien Thong, Sabtu (2/2/2019), di Penagi.

Selain penampilan kesenian barongsai pada malam pergantian tahun nantinya, juga akan ada kegiatan imlek bersama dengan dimeriahkan para penyanyi seperti tahun sebelumnya.

“ Nanti akan ada Imlek bersama, ada hiburan musik, dan artis dari luar rencannya. Mungkin pada 10 hari Imlek,” tambah Sien Thong.

Kemeriahan menyambut tahun baru imlek menurut Sien Thong tidak hanya milik penganut Konghucu tetapi juga seluruh warga Penagi, bahkan masyarakat Kota Ranai juga biasanya turut meramaikan malam pergantian tahun baru cina itu guna menyaksikan kesenian barongsai yang akan digelar disepanjang jalan penagi.

“ Biasanya kan malam Imlek tu Penagi penuh, orang pada mau lihat kesenian Barongsai, karena hanya sekali setahun saja dilaksanakan,” tutup Sien Thong.

(IK)
 
Top