{[["☆","★"]]}
KRI Surik-645 Sedang Melakukan Patroli di Perairan Kepulauan Riau
BINTAN I KEJORANEWS.COM : Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surik-645, menoreh penghargaan dan terpilih sebagai KRI terbaik dalam bidang keamanan laut. Kamis, (10/01/2019)

Kapal perang yang termasuk dalam jenis kapal Cepat Rudal (KCR), berada dalam jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Komando Armada I (Koarmada I) yang beroperasi/berpatroli diperairan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Komandan Satuan Kapal Cepat Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro mengatakan, KCR ini merupakan kapal yang berpengalaman dalam operasi pengamanan perbatasan baik yang diselenggarakan Guspurla maupun Guskamla Koarmada I dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran di perairan Indonesia.

Penghargaan terbaik tersebut diperoleh setelah melewati penilaian dari tiga (3) aspek, diantaranya:
Operasi meliputi, bagaimana proses Pengejaran, Penangkapan, dan Penyelidikan (Jarkaplid), efisiensi operasi (EOPS), serta jam layar. Material menyangkut, kesiapan teknis KRI dalam menjalankan operasi. Personel berkaitan, dengan kesiapan, keterampilan, serta profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas kedinasan pengawakan KRI.

"Selain tiga aspek tersebut, hal lain yang menentukan terpilihnya KRI Surik-645 juga menyangkut kebersihan, kerapian dan pemeliharaan serta perawatan KRI. Selamat serta rasa bangga kepada seluruh Prajurit KRI Surik-645, tingkatkan terus kesiapan dan kesiagaan operasi serta menjadi motivasi KRI yang lain guna mendapat prestasi dilain bidang," terangnya.
Family Gathering KRI Satkat Koarmada I yang Berlangsung di Lagoi Bay Beach (08/01/2018)
Selanjutnya, penghargaan sebagai KRI terbaik berupa bendera yang bertuliskan “Militan, Berani, Profesional” diserahkan Komandan Satkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro kepada Komandan KRI Surik-645 Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang S., S.E.

Di tengah-tengah pelaksanaan kegiatan family gathering, Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan moral dan semangat prajurit Satkat Koarmada I agar lebih berprestasi dalam melaksanakan tugas yang di embannya, diikuti seluruh unsur-unsur KRI Satkat Koarmada I yang sandar di Dermaga, Tanjung Uban - Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu, Komandan KRI Surik 645 Mayor Laut (P) Thomas A. Dhamang S., S.E, juga menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh anak buahnya atas jerih payah dan kerja keras yang telah membuahkan prestasi serta menjadi salah satu KRI Terbaik bidang kamla versi Satkat Koarmada I tahun 2018.

KRI Surik-645 merupakan salah satu KRI yang termasuk dalam jenis KCR produksi dalam negeri, dengan panjang 45,6 meter dan lebar 7,4 meter, memiliki kecepatan maksimum 28 knots dan kecepatan jelajah 20 knots dilengkapi dengan meriam 20 mm dan 12,7 mm, dengan personel sebanyak 38 orang. (*)


(Humas/atm)
 
Top