{[["☆","★"]]}
Photo Bersama Sosialisasi 
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Guna meningkatkan jaringan i formasi dimasyarakat, Pemerintah melalui Dinas komunikasi Informatika, membentuk Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM). 

Di Kabupaten Natuna sendiri, KIM sudah terbentuk  di 3, Kecamatan yakni kecamaran Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Tengah dan Kecamatan Bunguran Utara.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Natuna, Raja Darmika menjelaskan, keberadaan KIM ini antara lain berfungsi sebagai Wahana Informasi dari Masyarakat setempat kepada khalayak terutama yang berada diluar wilayah pembentukan KIM, mengenai giat pembangunan disegala sektor siwilayah KIM tertentu.
Sekcam Kecamatan Bunguran Batubi, Zulfikar
Menyampaikan Sambutan


Selain itu keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat ini juga sebagai peningkatan Literasi Masyarakat bidang Informasi dan Media Massa serta tehnologi informasi dan komjnikasi dikalangan anggota KIM dan Masyarakat.

“Keberadaan KIM juga menjadi mitra dialog dengan pemerintah, baik Pemeeintah Provinsi dan Kabupaten dalam merumuskan kebijakan publik,” jelas Raja Darmika melalui pesan singkat whatsapp, Senin (3/12/2018).

Pembentukan KIM ditargetkan akan dilakukan diaetiap Desa dan Kelurahan di Natuna.  Dalam upaya pembentukan itu, Diskominfo giat melakukan sosialisasi ke seluruh wilayah Kecamatan di Natuna. Seperti sosialisasi Pembentukan KIM di Kecamatan Bunguran Batubi, pada Senin(3/12/2018).
Kabid PIKP, Wan Suhardi Sampaikan Sambutan


Sosialisasi yang dilakukan langsung oleh Kepala Bidang Pengelola Informasi Komunikasi Publik (KABID PIKP)Wan Suhardi.

Dalam sosialisasi tersebut akhirnya terbentuk kepengurusan KIM di 5 Desa di Kecamata Bunguran Batubi,   Diantaranya, KIM Putri Bertuah (Desa Gunung Putri), KIM Tanjung Dara (Desa Semedang), KIM Sahabat Batubi ( Desa Batubi Jaya), KIM Pilar Cerdas (Desa Sedarat Baru) dan KIM Ketam Mangok ( Desa Sedanau Timur).

Kabid PIKP Diskominfo Natuna sekaligus memberikan pembekalan  kepada Calon Anggota KIM Kecamatan Bunguran Batubi mengenai Cara Menuliskan Berita. Sebagai anggota Kelompok Informasi Masyarakat, tentunya harus mampu mengolah, mengelola dan menyampaikan informasi baik dari masyarakat untuk pemerintah atau dari pemerintah untuk masyarakat sebagaimana dengan tugas dan fungsi dari KIM itu sendiri.
Peserta Sosialisasi 


Guna mewujudkan hal tersebut, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Natuna H. Wan Suhardi, SE memberikan pemahaman tentang “Cara Menulis Berita” dalam kegiatan Pembetukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Bunguran Batubi, Senin (03/12).

Wan Suhardi menjelaskan, dalam penulisan sebuah berita harus mengandung unsur 5W 1 H. Yang dimaksud dengan 5W 1 H tersebut adalah Who, What, Where, Why, When dan How. Jika dalam penulisan berita tidak mengandung unsur-unsur tersebut maka berita yang dibuat kurang akurat. 

Acara yang berlangsung di Balai Pertemuan Desa Gunung Putri tersebut disambut baik oleh pihak Kecamatan dan Desa setempat. Hadir dalam acara tersebut Camat dan Sekretaris Camat Bunguran Batubi, Babinsa Kecamatan Bunguran Batubi, beberapa Kepala Desa dan BPD se Kecamatan Bunguran Batubi serta lapisan masyarakat yang hadir sebagai perwakilan dari masing-masing Desa se Kecamatan Bunguran Batubi.

Terkait dengan perkembangan teknologi Informasi saat ini, Sekretaris Camat Bunguran Batubi Zulfikar dalam sambutannya berharap agar KIM di Kecamatannya dapat segera terbentuk. Ia  juga meminta kepada pihak Diskominfo Kabupaten Natuna selaku penyelenggara kegiatan, dalam penyampaian materi tentang KIM sekiranya juga dapat menjelaskan terkait dengan Undang-undang ITE, agar masyarakat Batubi memahami bagaimana mengelola dan memberikan informasi yang baik sehingga tidak melanggar hukum dan aturan yang berlaku.

“Kami dari pihak kecamatan sangat berharap sekali KIM Kecamatan Batubi ini dapat segera terbentuk. Dan saya harap, Bapak dan Ibuk yang sudah hadir pada kesempatan ini dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai”, ujar Zulfikar dalam sambutannya.

Adw
 
Top