{[["☆","★"]]}
Wan Siswandi saat Rapat Kampung KB
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Sekda Natuna, Wan Siswandi, mengatakan, Kampung KB telah terbentuk di Natuna sejak tahun 2016. Terbentuknya pertama kali di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut. Kemudian selanjutnya pada tahun 2017 setiap Kecamatan telah memiliki program Kampung KB, namun belum merata di setiap Desa. 

Hal itu disampaikannya pada Rapat koordinasi Pencanangan Kampung KB di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Bunguran Timur, pada Rabu (07/11/2018) pagi.
Peserta dan Tamu Undangan 


Dikatakannya, tujuan utama pembentukan kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui pembangunan keluarga yang terintegrasi dengan sektor pembangunan lainnya, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas dan sejahtera.

Menurutnya, progam ini memiliki peran sangat penting bukan hanya terhadap KB, melainkan diharapkan dapat membantu masalah stunting di wilayah Natuna.

“Oleh karenanya, saya berharap pelaksanaan program ini dapat diterapkan secara merata di desa-desa sehingga masyarakat pelosok bahkan pedalaman dapat merasakan manfaatnya,” ujar Wan Siswandi.
FKPD Natuna


Masih kata dia, “Dalam menjalankan program ini, tentunya tidak hanya dibebankan kepada dinas kesehatan, melainkan harus bersinergi kepada semua pihak, guna mewujudkan kampung KB yang baik,” ujar dia lagi.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri, Medi Heryanto, dalam paparannya menjelaskan bahwa, kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat desa yang memiliki kriteria tertentu, digarap secara komprehensif oleh semua sektor pembangunan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dan dikatakannya dasar dibentuknya Kampung KB ini, yaitu, merupakan perintah langsung dari Presiden RI Joko Widodo kepada BKKBN sebagai bentuk nyata perwujudan dari Nawacita ke 5, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

“Adapun sasaran Pencanangan Kampung KB dalam pelaksanaan program dan kegiatan di Kampung KB adalah Keluarga, Pasangan Usia Subur, Masyarakat, Balita, Remaja, dan Lansia,” papar Medi Heryanto.

Suasana Rapat
Turut hadir dalam acara tersebut, para pimpinan FKPD, pimpinan OPD salah satunya Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rizal Rinaldy, Camat, Kepala Desa dan undangan lainnya.

Adw
 
Top