{[["☆","★"]]}
Kepala BPJS Kesehatan Anambas
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) bersama dengan Dinas kesehatan PPKB KKA akan melaksanakan pemeriksaan papsmear pada Hari Rabu dan Kamis, 21-22 November 2018 di RSUD Tarempa, Pukul : 09.00 sd 15.00 WIB.

Debi Mersah Putra Kepala BPJS Kesehatan KKA mengatakan, kegiatan papsmear tersebut merupakan kegiatan promotif preventif guna mendeteksi dini kemungkinan adanya kanker serviks/leher rahim.

" Papsmear akan dilakukan oleh Tim Teknis dari Laboratorium Prodia Tanjungpinang.
Adapun kriteria untuk peserta papsmear terlampir dalam surat :
1. Belum pernah melakukan pemerikaaan papsmear 1 tahun terakhir dengan JKN-KIS.
2. Wanita dan sudah menikah mempunyai kartu KIS/BPJS aktif
3. Tidak sedang haid (pada tgl pemeriksaan)
4. Tidak melakukan hubungan seksual minimal 3 hari sebwlum  pemeriksaan papsmear, " ujar Debi.

Dikatakannya, bahwa bagi warga yang ingin melakukan pemeriksaan gratis, diwajibkan membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS) saat pemeriksaan dilaksanakan.

" Biaya pemeriksaan gratis akan dijamin KIS, peserta tinggal membawa Kartu KIS nya saat pemeriksaan dan mengikuti kriteria tersebut sebelum dilakukan pemeriksaan agar hasil pemeriksaan valid, " terangnya.

" Bagi yang ingin ikut serta dalam pemeriksaan papsmear akan kami data terlebih dahulu, silahkan kirimkan ke WhatsApp no HP :  0811-7533-339. Ataupun direkap secara kolektif dengan format (Nama, nomor KIS/BPJS, nomor HP)." Jelasnya. 

Terkait kanker serviks/leher rahim, Debi menyampaikan bahwa kanker tersebut merupakan salah satu penyakit  tertinggi yang menyebabkan meninggal dunia bagi perempuan. Dengan melakukan deteksi dini melalui pemeriksaan papsmear menurutnya,  segala potensi resiko kesehatan yg mungkin akan dialami oleh perempuan yg sudah menikah dapat diketahui lebih dini, dan tentu akan dapat menyelamatkan lebih besar nyawa perempuan.

Lionardo
 
Top