{[["☆","★"]]}
Kadisparbud Natuna dan Para Narasumber
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna, Kepri, menggelar sosialisasi di Hotel Natuna, pada Senin (29/10/2018) Siang. Terkait pengajuan mendukung penetapan Natuna menjadi Geopark Nasional dan Geopark Dunia lebih dikenal dengan istilah Global Geopark Network (GGN) Unesco.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal. Dalam sambutannya, Hamid Rizal mengatakan, Natuna merupakan salah satu wilayah strategis karena terlekat pada garis ALKI 1 dan merupakan beranda terdepan serta berbatasan dengan laut dengan 7 negara Crossborders.
Drs. Dindin Wahyudin


Dari hasil Assesment Geologi terhadap potensi warisan Geopark Natuna memiliki banyak keindahan bentang alam yang luar biasa, selain itu keaneka ragaman hayati Flora dan Fauna, spesifik langka serta keunikan ragam seni budaya lokal dan kehidupan sosial budaya masyarakat pesisir menjadikan Natuna sangat potensial untuk dikembangkan.

Upaya pemerintah Natuna dalam mengembangkan potensinya mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari Pemerintah pusat maupun masyarakat Natuna sendiri.

“ Saya berharap agar masyarakat mau terlibat langsung melalui berbagai upaya pelestarian kekayaan alam dan lingkungan sekitar, keragaman hayati dan keunikan budaya yang kita miliki,” ujar Hamid.
Peserta Sosialisasi


“ Kepada badan pengelola Geopark Nasional agar dapat memberikan dukungan penuh dan selalu fokus, terhadap tujuan sehingga ditetapkannya wilayah Natuna untuk menjadi kawasan Geopark Nasional seperti harapan kita bersama,”  pinta Hamid.

Sementara, Drs. Dindin Wahyudin, DEA Kepala Pusat pengkajian kebijakan multilateral BPPN Kementrian Luar Negeri Indonesia, mengatakanKemenlu hadir dengan inti yang tercantum dalam Visi dan Misi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Rencana pembangunan jangka menengah, yakni prioritas membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa-desa dalam kerangka pembangunan.Pembangunan Natuna sebagai daerah terluar, terdepan dan tertinggal tentu sesuai dengan visi dan misi Presiden karenanya Natuna mendapat perhatian khusus,”tutur Dindin.

Selain itu Natuna juga memiliki letak geografis yang sangat strategis, dimana berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, berada di daerah Pasifik dan terletak di laut cina selatan pada jalur perdagangan global.

“Selain memiliki keadaan geografis yang strategis Natuna juga memiliki kekayaan alam yang sangat berpotensi untuk di Kembangkan, terlebih lagi Natuna juga memiliki warisan budaya dan warisan alam yang kompleks” sambung Dindin.

Diharapkan dengan di bangunnya Geopark ini mampu mendorong percepatan pembangunan Natuna baik sektor Pariwisata maupun sektor Ekonomi.

Adw
 
Top