Kabupaten Natuna Berumur 19 Tahun, Ini Capaiannya


Kabupaten Natuna Berumur 19 Tahun, Ini Capaiannya

Bupati Natuna, Wabup, Ketua DPRD dan Jajaran
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Peringatan hari jadi kabupaten Natuna ke 19 tqun 2018,di laksanakan dalam upacara bendera Jum'at (12/10/2018) pagi,dengqn Pembina Upacara Bupati Natuna, Hamid Rizal, di kantor Bupati, Bukit Arai.

Upacara diikuti oleh wakil Bupati Ngesti Yuni Suprapti, seluruh pimpinan OPD,FKPD,Tokoh Masyarakat dan seluruh pegawai dilingkungan Pemkab Natuna.

Dalam amanatnya, Bupati Hamid Rizal menyebutkan sejumlah capaian di usia Natuna yang semakin dewasa. Tentunya melalui berbagai indikator pembangunan.

Salah satunya, mengenai peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dimana pada tahun 2017 mencapai angka 71.52, mengalami kenaikan 0.29 poin, sekaligus tertinggi ke 4 di Provinsi Kepulauan Riau.
Bupati saat Pimpin Upacara HUT Natuna ke 19


Pendapatan perkapita, sebagai pengukur tingkat kesejahteraan masyarakat, juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 mencapai angka 70.92 juta per tahun, meningkat 8.15 persen, dari tahun sebelumnya hanya mencapai 65.15 juta.

Kualitas kesehatan pada indikator capaian angka harapan hidup, periode 2017 yakni 63.11 tahun, naik menjadi 64.3 tahun.

Disamping itu, Hamid juga menjelaskan perihal kualitas pendidikan yang mengalami peningkatan. Kualitas pendidikan lama sekolah mengalami kenaikan menjadi 8.47 tahun. Hal ini menjadi modal penting, untuk pembenahan SDM Natuna kedepan.

Disisi lain, pertumbuhan ekonomi Natuna melambat, pada tahun 2017 sebesar 5.68 persen, menurun menjadi 5.07 persen.

Masih kata Hamid, untuk dapat mewujudkan berbagai program strategis dan menjaga capaian pembangunan, Pemerintah Kabupaten Natuna telah melakukan peningkatan pada tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Penyelenggaraan pemerintah secara elektronik atau E – Goverment telah diterapkan antara lain E – Planing, E – Budgeting dan E – Purchasing.

Berkenaan dengan pembangunan saat ini, Kabupaten Natuna telah menerima beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun organisasi atau lembaga Negara diantaranya penghargaan terhadap indeks transparasi pengelolaan keuangan daerah terbaik untuk regional Sumatera oleh Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Penghargaan National Procurement Award 2017 pada kategori “LPSE Fighting Spirit” bagi LPSE Kabupaten Natuna, Penghargaan dari Gubernur Kepulauan Riau, sebagai juara lomba evaluasi perkembangan desa atau kelurahan tingkat Provinsi Kepulaun Riau tahun 2017 dan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi yang disampaikan atas prestasi dalam akuntibilitas kinerja tahun 2017.

Bupati Natuna Hamid Rizal juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang membentuk Kabupaten Natuna dengan tulus dan ikhlas. Ia juga mengingatkan agar saat Pilpres nanti tetap menjaga kekompakan, meskipun pilihan berbeda.

Pada peringatan itu dilanjutkan dengan agenda pemberian penghargaan kepada kepala desa dan kelurahan pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Natuna tahun 2017 dan penyerahan bantuan hibah peralatan pengelolaan kerupuk ikan berupa freezer dan meet micer oleh Bupati Natuna kepada 10 industri rumah tangga yang ada di Desa Sabang Mawang (Balai) Kecamatan Pulau Tiga Barat.
Bupati Hamid Rizal saat Pengumpulan Dana untuk Palu

Pemkab Natuna Terima CSR dari Bank Riaukepri

Penandatangan Deklarasi Damai Pemilu usai Upacara

Upacara HUt Natuna ke 19

Photo Bersama ASN Natuna usai Upacara

Adw
Lebih baru Lebih lama