{[["☆","★"]]}
Danrem dan Jajaran Muspida Anambas
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) ke 102, dipusatkan di lapangan Sepak Bola Sabang Mawang Barat, (8/8/2018) Rabu pukul 09.45 WIB. Meski sempat diguyur  hujan dan diterpa angin kencang namun upacara yang berjalan selama 45 menit tersebut, tetap berjalan dengan baik dan lancar sesuai rencana. 

Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, bertindak selaku Inspektur Upacara, dalam kesempatannya membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono Danrem, mengatakan,  pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran.
Upacara Penutupan


Sebab itu, guna mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara menyeluruh, dilakukanya pembangunan untuk meningkatkan potensi dan menuntaskan segala permasalahan guna mencapai pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan.

Menurutnya, dalam hal ini salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke 102, selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan Nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial.
Danrem Jabat Tangan dengan Muspida Anambas


Selain itu, dikatakannya bahwa sedikitnya dalam kegiaatan TMMD tahun ini melibatkan 50 Satgas TMMD di 50 Kabupaten Kota, 57 Kecamatan dan 79 Desa dengan didukung oleh dinas Pemda setempat, diantaranya Dinas Kesehatan, Pertanian, BKKBN, Sosial, Kehutanan, Pekerjaan Umum, kejaksaan serta Kepolisian.

Sementara itu, Dandim 0318 Natuna Lebih Letkol (Inf) Yusuf Rizal, S. Sos, dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan TMMD ke 102 ini dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus, atas dasar surat telegram Danrem 033/WP No ST/496, tanggal 9 Agustus 2017.

Sebab itu, menjalankan amanah tersebut, Kodim 0318 Natuna mengambil langkah untuk melakukan TMMD di daerah Pulau tiga yang masih dinilai sebagai daerah terpencil atau terioslisasi, sehingga daerah ini sangat membutuhkan perhatian penuh dari pemerintah daerah setempat.

Selama masa kegiaatan ini, terbagi menjadi 2 yaitu berupa kegiatan Fisik dan Non Fisik.

Kegiatan Fisik yaitu berupa Pengerjaan Semenisasi jalan Lingkar Kecamatan Pulau Tiga sepanjang 437 meter, sementara itu kegiatan Non fisik yaitu Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan kesehatan Imunisasi, Penyuluhan peremajaan tanaman produksi, penyuluhan perdagangan mikro dan UKM, penyuluhan tentang pernikahan dan pengurusan buku nikah serta pengobatan massal dan sunatan massal.

Adapun selama kegiatan jumlah keterlibatan Personil sebanyak 200 ooran terdiri dari Staf Satgas 15 orang, Tim Asistensi dan Penyuluh 25 orang, kelompok SSk 110 orang, serta keikutsertaan masyarakat 50 sampai 70 orang perharinya.

Dengan penandatanganan Prasasti dan Hasil laporan kegiatan TTMD ke 102 kecamatan pulau tiga kabupaten Natuna, kegiaatan ini dinyatakan resmi ditutup.

Upacara penutupan TMMD ini berjalan  dengan hikmat yang dihadiri oleh, Asisten II Hardiansyah Razani, Kadis PMD Indra Joni, Kaban Kesbangpolda Muchtar Ahmad, Kadis PUPR Tasrif Amran, Wakapolres Kompol Renan, Pasi Intel Kapten  (Inf) Narta, Camat Pulau Tiga Abdul Karim, Kades Sabang Mawang Barat Zakaria dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Adw
 
Top