{[["☆","★"]]}
Bupati Anambas dan Wakil saat Peresmian Desa Wisata Belibak, Palmatak
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris secara resmi  menetapkan Desa Belibak, Kecamatan Palmatak sebagai Desa Wisata. Peresmian desa diselaraskan dengan pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Belibak oleh Bupati KKA. Rabu (15/8/2018).

Dalam kesempatan ini, Bupati KKA menyampaikan apresiasinya terhadap program Desa Wisata Belibak serta harapannya ke depan.
Para Penari Sambutan


“Peresmian desa wisata hari ini merupakan investasi masa depan bagi Desa Belibak dan KKA. Hadirnya desa wisata akan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi masyarakat Desa Belibak khususnya, dan KKA secara keseluruhan.” Ujar Bupati.

Desa Wisata Belibak dikembangkan oleh Medco E&P Natuna Ltd. bekerja sama dengan Yayasan Umar Kayam.

Program pengembangan desa wisata berbasis masyarakat ini dimulai dengan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di tingkat desa yang dilanjutkan dengan peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan secara rutin untuk pengelolaan homestay, manajemen desa wisata dan usaha pengelolaannya, serta pelatihan tour guide untuk wisata bahari dan budaya.

Saat ini, 4 (empat) unit homestay telah siap untuk beroperasi; 1 (satu) unit diantaranya telah direnovasi secara khusus untuk menjadi homestay percontohan di KKA. Desa Wisata Belibak juga telah memiliki kelompok seni pertunjukan sebagai atraksi wisata yaitu Kompang, Tari Sekapursirih, dan Tari Gasing. 

Medco E&P Natuna Ltd., bersama Yayasan Umar Kayam dan Pokdarwis juga melakukan kerja sama dengan perusahaan jasa wisata di Jakarta untuk promosi wisata dan pembukaan paket perjalanan wisata. Promosi ini telah berhasil menghadirkan 32 wisatawan domestik dan 4 wisatawan mancanegara.

“Kami berharap dukungan Perusahaan  pada pengemasan yang menarik, infrastruktur, dan atraksi wisata dapat menjadi kekuatan Desa Wisata Belibak untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara, dan ke depannya Pokdarwis akan mencapai sukses dalam mengelola desa wisata ini,” ujar Sr. Manager Relations & Security Medco E&P Natuna Ltd., Drajat Panjawi.

Ke depan Desa Wisata Belibak ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan potensi pariwisata di KKA yang pada akhirnya dapat membuka lapangan pekerjaan dan menghasilkan pendapatan bagi warga setempat dan sekitar Desa Wisata Belibak.

Lionardo
 
Top