{[["☆","★"]]}
Suasana Festival FPM Malam Hari
ANAMBAS I KEJORANEWS COM : Festival Padang Melang (FPM) yang digelar di Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja terlihat semakin semarak. Sejumlah pedagang di area tersebut mengaku mendapatkan pendapatan yang signifikan dari hasil jualannya.

Di malam kedua festival yang membuat suasana semakin semarak adalah  dengan adanya penampilan Kesenian Mendu asal Desa Mampok.

Kesenian ini berupa wayang orang  yang menggunakan bahasa melayu, diiringi dengan lantunan musik dan nyanyian berbahasa Melayu.
Keindahan Pantai Padang Melang

Pada umumnya Mendu berisi cerita mengenai sebuah kerajaan dan masyarakatnya. Kesenian ini digunakan masyarakat biasanya untuk menyampaikan pesan kepada pemerintah.

Dari pantauan media ini, FPM turut meningkatkan ekonomi masyafakat yang menjadi pedagang.

Bujang salah seorang pedagang mainan anak-anak mengatakan, di malam kedua FPM, ia mendapatkan omset yang signifikan, yakni sekitar Rp 5 jutaan.

"Penghasilan saya pada hari ini sangat memuaskan, sekitar Rp 5 jutaan, "  ujarnya, Jumat (27/7/2018).

Pedagang yang merupakan warga Tempatan ini mengaku, warga di desa-desa wisata sekitar Pantai Padang Melang telah siap untuk menerima dan menjamu para wisatawan, baik asing maupun lokal, yang hadir dalam festival.

Selain Kesenian Mendu, Festival yang bertajuk Helat Budaya Melayu Pesisir ini dari mulai tanggal 26 -28 Juli ini,  juga menampilkan Gobang, Zapin, Layang-layang, Dendang Melayu, Bazar dan kuliner lokal.

Lionardo
 
Top