{[["☆","★"]]}
Kopra dalam Karung di Pelabuhan
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Para petani kopra di desa-desa di Kabupaten Kepulauan Anambas mulai mengeluh dan menjerit. Pasalnya saat ini harga kopra yang dibeli oleh pengusaha mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Jika biasanya harga kopra mencapai Rp. 5.000 per kilogram. Kini harga kopra hanya sekitar Rp. 3.000 perkilogram dibeli oleh para toke kopra tersebut.
Kopra


“Saat ini harga kopra turun. Bahkan sejak awal tahun lalu turun terus,” kata Udin seorang petani pengrajin kopra, Senin (16/7/2018).

Menurut Udin, awal tahun 2018 lalu harga kopra sempat menyentuh kisaran Rp. 7.000 perkilogram dibeli oleh pengusaha yang akan kembali menjualnya. Namun kini harga terus mengalami penurunan dari mulai Rp. 5.000, hingga saat inj hanya Rp. 3.000 perkilogram.

“Kalau turun terus seperti ini, kami petani kopra kesulitan. Lebih baik menjual kelapa utuh ke pasaran langsung, pasti harganya lebih tinggi,” terang Udin.

Sementara menurut, Jupri yang juga pengrajin kopra, akibat jatuhnya harga kopra itu, ada kemungkinan  dirinya dan petani kopra lainnya aian beralih profesi, dari yang sebelumnya penghasil kopra, beralih menjadi penghasil kelapa utuh.

" Harga kelapa berkualitas saat ini mencapai Rp 3.500/ buah, dan untuk kelapa biasa mencapai Rp. 2.000/buah di pasar.  Sementara untuk menghasilkan kopra per kilogramnya membutuhkan kelapa minimal 2 buah. Dengan perbandingan harga seperti ini, kita lebih baik menjual kelapa utuh ke pasaran, karena jelas lebih menguntungkan,” kata Jupri.

Lionardo
 
Top