{[["☆","★"]]}
PUPRKP dan Warga saat Prosesi Tepung Tawar
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,  Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Tepung tawar di jalan Lingkar Bajau Desa Air Putih Kecamatan Siantan Timur, dalam rangka pengerjaan pembangunan jalan tersebut. Rabu (25/7/2018).

Isahendra Kasi Pembangunan Jalan PUPRKP  KKA mengatakan, acara tepung tawar itu dilaksanakan untuk menghormati kearifan lokal masyarakat setempat.
Prosesi Tepung Tawar

" Tepung Tawar sudah kita mulai pada Tahun 2013 dalam pengerjaan pembangunan di Anambas.  2018 kita lakukan juga untuk pengerjaan jalan ini,"  Kata Isahendra.

Isahendra menerangkan, pembangunan jalan tersebut sepanjang 4 Kilometer dan lebar 15, yakni dari jalan Lingkar Bajau Desa Air Putih sampai ke Dusun Air Etang Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur.
Pembukaan Jalan oleh Excavator

" Pembangunannya menggunakan anggaran Rp. 3.302.704.946.40 (3,3 miliar lebih), dan nanti akan dikerjakan oleh PT. Bangun Natuna Pratama." Jelasnya.

Atas pembangunan jalan itu, masyarakat setempat mengaku senang. Arzam Bazir Kades Desa Air Putih mengatakan dirinya sangat bersyukur dengan terealisasinya pembukaan jalan Lingkar bajau.

" Kami bersama masyarakat sangat sangat senang, karena  pembukaan jalan ini memang sangat kami harapkan. Warga saya juga sangat ikhlas yang tanahnya dibebaskan untuk kepentingan umum ini, " terang Kades Adzan Nazir.

Budaya tepuk tepung tawar  mengartikan rasa syukur atas sebuah peristiwa penting dalam masyarakat Melayu, seperti yang dimulai dari kelahiran, khitanan, perkawinan, pindah rumah, pembukaan lahan baru, jemput semangat bagi orang yang baru luput dari mara bahaya, dan sebagainya.


Lionardo
 
Top