{[["☆","★"]]}
Bawaslu Kepri dan Panwaslu Anambas bersama Masyarakat Peserta Sosialisasi
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM :Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau (Prov. Kepri) menggelar sosialisasi tentang kepemiluan dengan tema  "Sosialisasi Pengawasan Partisipatif". Kamis (5/7/2018).

Acara yang diadakan di Hotel Terempak Beach Kabupaten  Anambas ini, dihadiri  sejumlah elemen masyarakat diantaranya Tokoh Masyarakat, LSM, Ormas, OKP, dan Pemuka Agama.

Rosnawati, MA Kordiv SDM Bawaslu Kepri yang menjadi narasumber, dalam pemaparannya kepada masyarakat menyampaikan bahwa, program prioritas Bawaslu adalah peran aktif pemilih dalam pengawasan tahapan Pemilu Tahun 2019.
Rosmawati, MA

Selain hal itu, ia juga menyampaikan tentang Kewenangan pengawas Pemilu, seperti mencegah pelanggaran dan sengketa proses Pemilu dan pemilihan. Mengawasi pelaksanaan non-tahapan dan tahapan Pemilu dan pemilihan. Menindak pelanggaran Pemilu dan pemilihan; dan menyelesaikan sengketa proses Pemilu dan pemilihan.

Turut ia sampaikan juga terkait,  program Bawaslu RI mengenai Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama  dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka untuk pengawasan Pemilu agar berjalan maksimal.

" Sehubungan dengan telah terbentuknya saka adhyasta Pemilu di tingkat provinsi, antara Bawaslu Provinsi dan Kwarda gerakan pramuka di Provinsi Kepulauan Riau, maka kita juga akan membentuk MoU dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Anambas dengan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas, namun kita akan lakukan audiensi terlebih dahulu, " terangnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Kepulauan Anambas Yopi Susanto mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap indikasi dugaan pelanggaran Pemilu nantinya. Dalam pengawasan itu masyarakat diminta menyampaikan laporan jika ada pelanggaran.

"Indentitas pelapor itu kita jamin kerahasiannya. Kita undang untuk verifikasi dan laporan akan kita proses, "  tambahnya Yopi Santoso.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Rido,  moderator yang juga Asisten Bawaslu Kepri.

Lionardo
 
Top