{[["☆","★"]]}
Jalan SP Siang Hari
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Tidak hidupnya lampu jalan sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU)  pada malam hari di jalan Selayang Pandang (SP) Kota Tarempa, kini mulai mendapat kritikan masyarakat.

Keadaan jalan yang gelap gulita saat malam hari itu dikatakan warga telah menyebabkan korban kecelakaan karena jalan yang dilalui tidak tampak. 

Jalan SP Malam Hari
Salah seorang warga Tarempa Kota bernama Pang Ongso mengatakan, penerangan jalan di kawasan perkotaan seharusnya mempunyai fungsi menghasilkan kekontrasan cahaya antara obyek dan permukaan jalan, sehingga dapat menjadi alat bantu navigasi pengguna jalan sekaligus meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya pada malam hari.

"Lampu jalan itu juga mendukung keamanan lingkungan dan juga memberikan keindahan lingkungan jalan. Harapan saya pihak-pihak terkait khususnya Dinas Perhubungan jangan menutup mata, dan harus mencari solusi untuk di Jalan Selayang Pandang, apalagi Jalan Selayang Pandang sudah banyak memakan korban,siapa yang bertanggung jawab dalam hal ini." Terangnya.

Di sisi lain, Nurullah selaku penanggung jawab Daratan Dinas Perhubungan mengatakan, Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan Selayang Pandang itu kewenangan dari Dinas ESDM bukan kewenangan dari Dinas Perhubungan ( Dishub) sehingga mereka di Dishup tidak bisa berbuat apa-apa.

" Aset lampu jalan itu bukan aset Dinas kami, karena aset tersebut adalah aset ESDM  dan sekarang  beralih ke provinsi Kepri maka secara otomatis jadi tanggungan mereka di provinsi," tambah Nurullah, Senin (22/5/2018).

Namun demikian Nurullah mengaku, pihaknya telah menyurati Dinas ESDM karena mereka yang memiliki kewenangan terhadap pemeliharaan lampu jalan tersebut.

Lampu jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah lampu yang digunakan untuk penerangan jalan di malam hari sehingga mempermudah pejalan kaki, pesepeda dan pengendara kendaraan lainnya. Selain itu keberadaan PJU itu juga untuk menjaga keselamatan pengguna lalu lintas dari kegiatan/aksi kriminal.

Lionardo
 
Top